epssub.blogspot.com - Motor matic adlh motor yg saat ni menjadi trend masyarkat Indonesia dan itu bisa kita dilihat dijalanan-jalanan diseluruh Indonesia motor matc mulai mendominasi aspal jalan dari pelosok desa hingga kota.Karna bodynya yg ramping, motor matic ni terkesan gesit dan mudah untk dikendarai,bahkan bagi oranng yg baru belajar biasanya lebih suka mengendarai motor matic,karna tinggal pencet double starter langsung tancap gas jalan dech tu matic.
Dari waktu ke waktu perkembangan motor matic pun mulai meningkat,dari yg dulunya karburator kini digantikan system pengkabutan bahan bakar dgn menggunakan Injecktion fuel system disertai fitur-fitur canggih dan menarik lainya,yang menjadi daya tarik maupun persaingan pabrikan -pabrikan otomotif untk menggaet hati para pembelinya.Tidak hanya itu,motor matic pun kini acap kali dinobatkan sebagai motor yg gesit,irit dan kencang.
Akan tetapi fitur-fitur canggih yg ada pd motor matic saat ni tak akan bekerja maksimal apabila si pemiliknya kurang memahami perawatan yg ada pd motor maticnya.kita ambil salah satu contoh misalkan si pemilik sering kali kehabisan bensin dlm tangki,maka hal ni akan menyebabkan system elektrik yg ada pd injeksinya mengalami kerusakan dan akhirnya motor tak bisa di start.
Maka dari itu kita wajib memperhatikan cara-cara untk merawat motor kesayangan kita supaya awet.Dan kali ni saya akan membagi-bagi 6 cara sederhana yg dpt anda lakukan dan jg penjelasan-penjelasan yg sederhana,di antaranya adlh sebagai berikut:
LANGKAH - LANGKAH MERAWAT MOTOR MATIC
1.Panasi motor
Panasi motor anda tiap pagi apabila akan anda gunakan selama 1-5 menit.Pada dasarnya pd saat motor dlm keadaan mati selama 1malam maka oli yg ada pd motor akan kembali ke tempatnya(blok mesin)dan akan kembali ke wujud aslinya(pengentalan kembali).Oleh sebab itu kita tak boleh melupakan hal yg satu ini.Pada saat kita memanasi motor,maka oli akan berubah sifatnya dari yg semula kental menjadi encer,sehingga ni bertujuan untk melumasi bagian / celah-celah kecil yg ada pd bagian motor seperi pd bagian antara piston,ring piston dan silinder piston.Hal ni bertujuan untk memperpanjang umur piston itu sendiri.
2.Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan
Penggantian oli adlh hal yg sangat penting yg tak boleh kita anggap sepele karna oli merupakan faktor terpenting yg menentukan nyawa motor anda.Ganti oli anda tiap anda menempuh jarak maksimal 4000km.Mungkin anda pernah membaca artikel lain kalau harus mengganti oli tiap 2000km.Dalam jarak 2000km sebenarnya kualitas oli masih bagus,tapi untk anda yg mempunyai uang pas-pasan saya sarankan untk menggantinya tiap 4000km.
Oli gardan,berfungsi melumasi gigi-gigi yg berada pd samping CVT.Gigi-gigi ni tak langsung berhubungan dgn sistem pembakaran,jadi oli ni dpt bertahan empat kali dari pd oli mesin.
3.Servis Rutin
Servis rutin ni bermaksud untk mengetahui kendala-kendala apa yg terjadi pd motor anda seperti menyetel kerenggangan klep,kerenggangan busi dan hal-hal lain yg mungkin perlu dibenahi dari kendaraan anda.
4.Pakai Suku Cadang Asli
Dalam kurun waktu/jarak tmpuh kurang lebih 30.000km maka motor kita akan mengalami keausan-keausan dibeberapa sektor.Mungkin sebagian orang berfikir untk mengganti part yg lebih murah dari part aslinya,pernah saya mengalami kejadian seperti ini,sewaktu saya perbaiki motor konsumen dia bilang untk mengganti part yg murah aja, asal kuatsatu tahun lebih.sebenarnya pemikiran seperti itu keliru,padahal part asli sama mitasi harganya nggak beda jauh,kalau part asli bisa bertahan sampai 4-5 tahun bahkan lebih mengapa kita tak beli part yg asli saja.
5.Ganti Filter Udara
Filter udara yg tersumbat banyak debu akan membuat motor anda loyo,juga boros bahan bakar. Oleh sebab itu segera ganti filter udara motor anda,ingat ganti dgn yg asli,karna filter udara yg asli pd kertasnya terdapat pelumas khusus sehingga mencegah debu masuk ke karburator/injeksi pd motor sehingga membuat motor lebih awet.
6.Perawatan Accu
ACCU merupakan faktor penting untk menghidupkan motor anda,lebih-lebih untk motor injeksi apabila aki tekor maka motor nggak akan nyala.Untuk aki type basah cek air aki maksimal 2bulan sekali,untuk aki type kering memang tak perlu repot-repot cek aki.Akan tetapi semua jenis accu itu membutuhkan penyetruman ulang. Sebenarnya motor itu dpt menngisi accunya sendiri,akan tetapi hal itu bekerja maksimal pd saat motor melaju dgn rpm tertentu.Akan tetapi kalau pd motor matic kita tak bisa membaca perputaran mesin(rpm) jadi saya hanya bisa mengira-ngira berkendara dgn kecepatan diatas 50km/jam pengisian accu dpt bekerja maksimal.
Pengalaman saya,motor yg hanya berjalan dgn jarak dekat dan berjalan dibawah 50km/jam biasanya accunya hanya bertahan 1tahun.
Anda jg perlu membaca cara membersihkan karburator dan cara membersihkan blok mesin
Ingat!!!!!! perawatan itu penting,jangan tunggu motor anda sampai rusak,karena akan memakan biaya banyak untk perbaikan.Ibarat kata mencegah lebih baik dari pd mengobati.
Sekian dulu,demikian tips dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda dan motor kesayangan anda jadi awet.
Dari waktu ke waktu perkembangan motor matic pun mulai meningkat,dari yg dulunya karburator kini digantikan system pengkabutan bahan bakar dgn menggunakan Injecktion fuel system disertai fitur-fitur canggih dan menarik lainya,yang menjadi daya tarik maupun persaingan pabrikan -pabrikan otomotif untk menggaet hati para pembelinya.Tidak hanya itu,motor matic pun kini acap kali dinobatkan sebagai motor yg gesit,irit dan kencang.
Akan tetapi fitur-fitur canggih yg ada pd motor matic saat ni tak akan bekerja maksimal apabila si pemiliknya kurang memahami perawatan yg ada pd motor maticnya.kita ambil salah satu contoh misalkan si pemilik sering kali kehabisan bensin dlm tangki,maka hal ni akan menyebabkan system elektrik yg ada pd injeksinya mengalami kerusakan dan akhirnya motor tak bisa di start.
Maka dari itu kita wajib memperhatikan cara-cara untk merawat motor kesayangan kita supaya awet.Dan kali ni saya akan membagi-bagi 6 cara sederhana yg dpt anda lakukan dan jg penjelasan-penjelasan yg sederhana,di antaranya adlh sebagai berikut:
LANGKAH - LANGKAH MERAWAT MOTOR MATIC
1.Panasi motor
Panasi motor anda tiap pagi apabila akan anda gunakan selama 1-5 menit.Pada dasarnya pd saat motor dlm keadaan mati selama 1malam maka oli yg ada pd motor akan kembali ke tempatnya(blok mesin)dan akan kembali ke wujud aslinya(pengentalan kembali).Oleh sebab itu kita tak boleh melupakan hal yg satu ini.Pada saat kita memanasi motor,maka oli akan berubah sifatnya dari yg semula kental menjadi encer,sehingga ni bertujuan untk melumasi bagian / celah-celah kecil yg ada pd bagian motor seperi pd bagian antara piston,ring piston dan silinder piston.Hal ni bertujuan untk memperpanjang umur piston itu sendiri.
2.Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan
Penggantian oli adlh hal yg sangat penting yg tak boleh kita anggap sepele karna oli merupakan faktor terpenting yg menentukan nyawa motor anda.Ganti oli anda tiap anda menempuh jarak maksimal 4000km.Mungkin anda pernah membaca artikel lain kalau harus mengganti oli tiap 2000km.Dalam jarak 2000km sebenarnya kualitas oli masih bagus,tapi untk anda yg mempunyai uang pas-pasan saya sarankan untk menggantinya tiap 4000km.
Oli gardan,berfungsi melumasi gigi-gigi yg berada pd samping CVT.Gigi-gigi ni tak langsung berhubungan dgn sistem pembakaran,jadi oli ni dpt bertahan empat kali dari pd oli mesin.
3.Servis Rutin
Servis rutin ni bermaksud untk mengetahui kendala-kendala apa yg terjadi pd motor anda seperti menyetel kerenggangan klep,kerenggangan busi dan hal-hal lain yg mungkin perlu dibenahi dari kendaraan anda.
4.Pakai Suku Cadang Asli
Dalam kurun waktu/jarak tmpuh kurang lebih 30.000km maka motor kita akan mengalami keausan-keausan dibeberapa sektor.Mungkin sebagian orang berfikir untk mengganti part yg lebih murah dari part aslinya,pernah saya mengalami kejadian seperti ini,sewaktu saya perbaiki motor konsumen dia bilang untk mengganti part yg murah aja, asal kuatsatu tahun lebih.sebenarnya pemikiran seperti itu keliru,padahal part asli sama mitasi harganya nggak beda jauh,kalau part asli bisa bertahan sampai 4-5 tahun bahkan lebih mengapa kita tak beli part yg asli saja.
5.Ganti Filter Udara
Filter udara yg tersumbat banyak debu akan membuat motor anda loyo,juga boros bahan bakar. Oleh sebab itu segera ganti filter udara motor anda,ingat ganti dgn yg asli,karna filter udara yg asli pd kertasnya terdapat pelumas khusus sehingga mencegah debu masuk ke karburator/injeksi pd motor sehingga membuat motor lebih awet.
6.Perawatan Accu
ACCU merupakan faktor penting untk menghidupkan motor anda,lebih-lebih untk motor injeksi apabila aki tekor maka motor nggak akan nyala.Untuk aki type basah cek air aki maksimal 2bulan sekali,untuk aki type kering memang tak perlu repot-repot cek aki.Akan tetapi semua jenis accu itu membutuhkan penyetruman ulang. Sebenarnya motor itu dpt menngisi accunya sendiri,akan tetapi hal itu bekerja maksimal pd saat motor melaju dgn rpm tertentu.Akan tetapi kalau pd motor matic kita tak bisa membaca perputaran mesin(rpm) jadi saya hanya bisa mengira-ngira berkendara dgn kecepatan diatas 50km/jam pengisian accu dpt bekerja maksimal.
Pengalaman saya,motor yg hanya berjalan dgn jarak dekat dan berjalan dibawah 50km/jam biasanya accunya hanya bertahan 1tahun.
Anda jg perlu membaca cara membersihkan karburator dan cara membersihkan blok mesin
Ingat!!!!!! perawatan itu penting,jangan tunggu motor anda sampai rusak,karena akan memakan biaya banyak untk perbaikan.Ibarat kata mencegah lebih baik dari pd mengobati.
Sekian dulu,demikian tips dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda dan motor kesayangan anda jadi awet.
source : http://detik.com, http://otojan.blogspot.com, http://kompas.com
No comments:
Post a Comment