Wednesday 16 September 2015

[Kisah Islam] Keutamaan Sholat Malam Hari

Keutamaan Sholat Malam Hari
epssub.blogspot.com - Pada kesempatan ni akan diuraikan mengenai 14 keutamaan sholat malam. Banyak hadits Rasulullah SAW yg menjelaskan fadillah dan keutamaan sholat malam yaitu dikenal dgn shalat tahajud diantaranya :

Pertama : Sholat malam adlh ibadah yg biasa dikerjakan orang-orang sholeh, ibadah yg mendekatkan diri kepada Allah SWT, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah dari perbuatan dosa, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

"Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adlh kebiasaan yg dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adlh ibadah yg mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa." (HR. Tirmidzi)


Kedua : Sholat malam merupakan sholatnya para abraar (orang-orang yg banyak berbuat kebaikan), Nabi SAW jika mendoakan salah seorang diantara sahabat beliau berkata :

"Semoga Allah menjadikan atas kamu sholatnya orang-orang yg banyak berbakti, mereka sholat di malam hari dan berpuasa di siang hari, mereka tak mempunyai dosa dan tak pula melakukan kejahatan." (HR. Abd al-Humaid dan abd-Dhiyaa' al Maqdisi dan disahihkan oleh Syeikh al-Albani r.a [silsilah al-Ahadits ash-Shahiihah no : 1810])


Ketiga : Sholat malam adlh sholat yg disaksikan (masyhudah). Rasulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya dekat-dekatnya Allah kepada seorang hamba adlh di tengah malam, maka jika kamu mampu tergolong orang-orang yg mengingat Allah pd saat itu, jadilah." (HR. Ibnu Khuzaimah dlm "shahihnya" no : 1085)

Dari Amr bin Abasah r.a. berkata :
Aku berkata : Wahai Rasulullah, (bagian) dari malam manakah yg paling didengar (oleh Allah)? beliau bersabda : "Pertengahan malam yg terakhir, maka sholatlah sesukamu, karena sholat tersebut disaksikan dan dicatat hingga kamu sholat subuh." (HR. Abu Dawud)

Hadits Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak, lalu berdiri mengerjakan sholat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dgn seksama kemudian dia mendekatinya - / beliau mengucapkan kalimat seperti itu - hingga malaikat itu meletakkan mulutnya di atas mulutmu, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan Al-Qur'an itu melainkan langsung ke perut malaikay, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untk membaca Al-Qur'an."

Keutamaan Sholat Malam Hari
Keempat : Sholat malam salah satu amal yg menyebabkan pelakunya masuk surga berdasarkan sabda Nabi SAW :

"Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan dan sholatlah di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap, niscaya kamu masuk surga dgn penuh kedamaian." (HR. Ibnu Majah)

Kelima : Orang yg bangun dari tidurnya untk mengerjakan sholat niscaya akan terlepas dari ikatan setan, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :
"Setan mengikat tiga ikatan pd bagian belakang kepala salah seorang di antara kamu ketika tidur, dia mengencangkan tiap ikatan itu (seraya berkata) malam yg panjang bagimu, maka tidurlah! jika ia bangun lalu mengingat Allah, terlepaslah satu ikatan, jika ia berwudhu maka terbukalah satu ikatan lagi, dan jika ia sholat terbukalah sata ikatan lagi, lalu ia menjadi semangat lagi veria dan jika tidak, jiwanya menjadi jelek lagi malas." (HR. Bukhari)

Keenam : Sholat malam sebagai sebab rahmat dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, berdasarkan hadits Rasulullah SAW :

"Allah merahmati seorang suami yg bangun dimalam hari lalu dia sholat dan membangunkan isterinya, jika sang istri enggan, ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yg bangun di malam hari lalu dia sholat dan membangunkan suaminya jika suaminya enggan, dia percikkan air pd wajahnya." (HR. Abu Dawud)

Hadits ni sebagai anjuran untk membangunkan isteri/keluarga agar mengerjakan sholat malam.

Ketujuh : Orang yg mengerjakan sholat malam memperoleh cinta Allah, dari Abu Darda' r.a. berkata Nabi SAW bersabda :

"Tiga golongan yg Allah mencintai dan tertawa kepada mereka serta memberi mereka berita gembira; orang yg manakala ada sekelompok pasukan terbuka peluang perang, dia berperang di belakang barisan pasukan itu dgn dirinya karena Allah SWT, (dia diantara satu dari dua pilihan) terbunuh / dimenengkan oleh Allah SWT dan dicukupinya, maka Dia berkata : "Lihatlah kepada hamba-Ku ini, bagaimana ia bersabar dgn dirinya karena Aku. Orang yg mempunyai isteri yg cantik dan kasur yg lembut lagi bagus, lalu dia bangun sholat di malam hari, maka Allah berkata : Dia meninggalkan syahwatnya dan mengingat Aku, sekiranya dia mau tentunya dia tidur dan orang yg mana bila dia berada dlm perjalanan bersama para musafir yg bergadang lalu tidur maka dia bangun sholat di akhir malam baik dlm kondisi tak senang / senang." (HR. Thabrani)


Delapan : Sholat malam memasukkan seorang hamba tergolong orang-orang yg banyak berdzikir mengingat Allah, berdasarkan hadits Abu Hurairah dan Abu Sa'id al-Khudri r.a., Rasulullah SAW bersabda :

"Apabila seorang suami membangunkan isterinya di malam hari lalu mereka sholat berjama'ah dua raka'at niscaya mereka dicatat tergolong orang-orang yg banyak mengingat (Allah)." (HR. Abu Dawud)

Sedangkan orang yg banyak berdzikir mengingat Allah, akan memperoleh ampunan dan pahala yg besar di sisi-Nya. Allah SWT berfirman :

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yg muslim, laki-laki dan perempuan yg mukmin, laki-laki dan perempuan yg tetap dlm ketaatannya, laki-laki dan perempuan yg benar, laki-laki dan perempuan yg sabar, laki-laki dan perempuan yg khusyuk, laki-laki dan perempuan yg bersedekah, laki-laki dan perempuan yg berpuasa, laki-laki dan perempuan yg memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yg banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untk mereka ampunan dan pahala yg besar." (Al-Ahzaab : 35)


Sembilan : Orang-orang yg paling mulia di antara umat ini, mereka yg senantiasa mengerjakan sholat di malam hari, Abdullah bin Abbas r.a. meriwayatkan dari Rasulullah SAW beliau bersabda :

"Orang-orang yg paling mulia dari umatku adlh para pembawa Al-Qur'an dan orang-orang yg senantiasa sholat di malam hari." (HR. Ibnu Abid Dun-ya dan al-Baihaqi)

Dalam hadits Sahl bin Sa'ad dia berkata :
"Jibril pernah datang kepada Nabi SAW lalu berkata : "wahai Muhammad! hiduplah sesukamu, sesungguhnya engkau akan mati, berbuatlah sekenhendakmu sesungguhnya engkau akan dibalas dengannya dan cintailah siapa saja yg engkau sukai, sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya, ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mu'min adlh (dengan) sholat malam dan kehormatan/keperkasaan manakala tak tergantung kepada manusia." (HR. Thabrani)

Keutamaan Sholat Malam Hari
Sepuluh : Sholat malam sholat yg paling afdhol setelah sholat lima waktu, berdasarkan hadits Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda :

"Puasa yg paling afshol setelah puasa ramadhan adlh di bulan Muharram dan sholat yg paling afdhol setelah sholat wajib adlh sholat malam." (HR. Muslim)

Dan Riwayat yg lain beliau bersabda :

"Sholat yg paling afdhol setelah sholat wajib adlh sholat di tengah malam." (HR. Muslim)


Sebelas : Orang-orang yg senantiasa sholat malam memiliki surga yg khusus untk mereka. Dari Abdullah bin Umar dari Nabi SAW bersabda :

"Sesungguhnya di surga ada sebuah ruangan yg mana bagian luarnya dpt dilihat dari dalmnya dan bagian dalamnya dpt dilihat dari luarnya, Allah menyiapkannya untk orang yg memberikan makan, melembutkan tutur kata, senantiasa mengikuti sholat dan sholat di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap." (HR. Thabrani)

Pada redaksi yg lain berbunyi :
"Sesungguhnya di surga itu ada sebuah ruangan yg mana bagian luarnya dpt dilihat dari dalmnya dan bagian dalamnya dpt dilihat dari luarnya", maka Abu Malik al-Asy'ariy bertanya : "untuk siapakah ruangan itu, wahai Rasulullah? "beliau bersabda : "Untuk orang yg baik pembicaraannya, yg memberikan makan dan sholat di malam hari ketika manusia sedang tidur." (HR. Thabrani)


Dua Belas : Setiap malam ada dua saat, jika seorang hamba berdo'a pd saat tersebut niscaya do'anya terkabul, berdasarkan hadits jabir bin Abdullah r.a. beliau berkata aku mendengar Nabi SAW bersabda :

"Sesungguhnya pd malam hari ada dua saat, tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dgn saat tersebut, melainkan Dia memberikan permohonan dan hal tersebut pd tiap malam." (HR. Muslim)

Tiga Belas : Abdullah bin Mas'ud berkata :

"Sesungguhnya Allah tertawa kepada dua orang, seorang yg bangun meninggalkan kasur dan selimutnya di malam yg dingin, lalu ia berwudhu kemudian is sholat, maka Allah SWT berkata kepada para malaikat-Nya : "Apa yg mendorong hamba-Ku ni berbuat demikian? Mereka menuturkan : "(Karena) mengharapkan apa yg ada di sisi-Mu dan takut dari apa yg ada di sisi-Mu", maka Allah-pun berkata : "Sesungguhnya Aku telah memberikan apa yg diharapkannya dan mengamankannya dari apa yg ditakutinya." (HR. ath-Thabrani)


Empat Belas : Orang yg berniat akan bangun di malam hari untk melaksanakan sholat malam, lalu tertidur maka dicatat baginya pahala sholat malam, dari Abu Darda r.a. berkata, Nabi SAW bersabda :

"Barang siapa mendatangi kasurnya dgn niat akan bangun untk sholat di tengah malam, kemudian dia tertidur hingga pagi hari, niscaya dicatat baginya niatnya, dan tidurnya sebagai sedekah dari Rabb-nya." (HSR Nasaa'i, Ibn Majah, Ibn Khuzaimah)

Demikianlah 14 keutamaan dari sholat malam, mudah-mudahan kita akan dpt selalu menjaga sholat malam kita.

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact