Sunday 13 September 2015

[Lowongan Dosen dan Pegawai] Khasiat Agung Surah Al-Baqarah

epssub.blogspot.com - Khasiat Ampuh Surah Al-Baqarah sudah tak dpt diragukan lagi. Sebagaimana diketahui, surah al-Baqarah ni merupakan surah yg kedua dlm al-Quran. Surah al-Baqarah ni terdiri dari dua ratus delapan puluh enam ayat. Al-Baqarah sendiri berarti sapi betina. Keseluruhan ayat dari surah al-Baqarah ni turun di Madinah yg sebagian besarnya diturunkan pd tahun awal hijriyah, kecuali ayat 281 diturunkan pd waktu haji wada' di Mina. Haji wada' adlh haji pungkasan nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam, sebab tak lama setelah itu beliau wafat. Dengan demikian dpt dikatakan bahwa keseluruhan ayat dari surah al-Baqarah termasuk golongan madaniyah. Keistimewaan lainnya dari surah al-Baqarah ni adlh bahwa surah al-Baqarah merupakan surah terpanjang di antara surah lainnya di dlm al-Quran. Selain itu di dlm surah al-Baqarah jg terdapat ayat terpanjang, yaitu ayat ke-282.
Khasiat Agung Surah Al-Baqarah
Khasiat Agung Surah Al-Baqarah
Surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah yg diawali dgn huruf-huruf hijaiyah yg dinamakan Fawatihush Shuwar / pembukaan surat-surat. Mengenai hal ini, ahli-ahli tafsir ada yg menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang termasuk ayat-ayat mutasyabihat, dan ada pula yg menafsirkannya. Golongan yg menafsirkannya ada yg memandangnya sebagai nama surat dan ada pula yg berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untk menarik perhatian para pendengar supaya memperhatikan al-Quran itu dan untk mengisyaratkan bahwa al-Quran itu diturunkan dlm bahasa Arab yg tersusun dari huruf-huruf abjad.
Surah al-Baqarah ni dinamai dgn al-Baqarah karena di dlm surah tersebut tercantum ada kisah penyembelihan sapi betina yg diperintahkan Allah kepada Bani israil (silakan anda simak ayat ke enam puluh tujuh sampai dgn tujuh puluh empat) yg mana di dalamnya dijelaskan mengenai watak orang Yahudi pd umumnya.
Selain itu surah al-Baqarah mengandung beberapa pokok pembahasan, yaitu pertama, soal keimanan, kedua, hukum-hukum, misalnya perintah shalat, zakat, puasa, hajit, qishash, umrah dan lain sebagainya. Ketiga, mengandung kisah-kisah, sebagai contoh kisah penciptaan nabiyullah Adam Alaihis Salam, kisah nabi Musa Alaihis Salaam, kisah nabi Ibrahim Alaihis Salaam, dan lain sebagainya. Keempat, mengandung penjelasan seputar sifat-sifat orang yg bertakwa, orang munafiq dan lain sebagainya.
Khasiat Surah Al-Baqarah
Berbicara mengenai Khasiat Surah Al-Baqarah, maka kiranya dpt dikatakan bahwa surah Al-Baqarah merupakan salah satu surah al-Quran yg memiliki banyak sekali khasiat, sebab di dlm surah ni terdapat berbagai ayat yg jg memiliki banyak khasiat. Sebagai contoh yaitu ayat kursi yg memiliki khasiat sebagai pagar gaib.
Di dlm surah al-Baqarah jg terdapat ayat yg bisa digunakan sebagai wasilah memohon hajat kepada Allah, yaitu ayat ke seratus tiga puluh tujuh. Apabila anda punya hajat ataupun cita-cita, maka ada baiknya anda membaca ayat ni sebanyak seratus kali pd tengah malam. Insya Allah hajat anda akan cepat dikabulkan oleh Allah ta'ala.
Di dlm surah al-Baqarah jg ada ayat yg disebut dgn doa sapu jagad. Para sahabat pasti sudah tak asing lagi dgn doanya, yaitu Rabbanaa aatinaa fid dunya hasanah, dan seterusnya. Nah barangsiapa yg memperbanyak doa sapu jagad ini, insya Allah akan dianugerahi anak dan istri yg shalih/shalihah, memiliki ilmu akan bermanfaat, ahli ibadah, baik kelakuannya, sehat badannya, mendapat rizki yg halal, cukup sandang pangannya, tenang dan tentram kehidupannya, dan insya Allah akan masuk surga.
Di dlm surah al-Baqarah jg ada ayat yg bisa digunakan untk mengalahkan musuh. Ayat yg dimaksud yaitu ayat yg ke-243. karena ayat ni terbilang ampuh, maka saya tak akan menjelaskan secara runtut tata caranya, karena saya takut apabila disalahgunakan oleh orang yg tak baik. Cukup kiranya untk mengetahuinya saja.
Di dlm surah al-Baqarah jg ada ayat yg bisa untk meningkatkan keberanian diri / kepercayan diri. Ayat yg dimaksud yaitu ayat yg ke-249. Adapun cara pengamalannya yaitu dgn membaca ayat ni sebanyak tiga kali. Insya Allah rasa takut untk berhadapan dgn orang lain akan hilang.
Apabila anda ingin memiliki kesabaran ekstra, maka anda bisa membaca ayat ke 250 dari surah al-Baqarah, yg ayatnya, Rabbanaa afrigh 'alaina shabran, dan seterusnya. Adapun cara pengamalannya yaitu dgn membaca ayat ni sebanyak-banyaknya, insya Allah akan mendapatkan kesabaran.
Apabila anda melihat ada orang pingsan membutuhkan bantuan anda, maka ada baiknya mengamalkan ayat kursi. Adapun caranya dgn membaca ayat kursi sebanyak 11 kali kemudian ditiupkan pd telinganya. Insya Allah akan segera sadar.
Apabila anda ingin menolak setan, maka bacalah surah al-Baqarah ayat 284 sampai 286. Insya Allah barangsiapa membaca tiga ayat terakhir dari surah al-Baqrah di atas, insya Allah setan tak akan berani mendekati rumah anda selama tiga hari.
Menurut Syaikh Dimyati, seorang ahli sufi, salah satu keutamaan mengamalkan ayat kursi adlh untk mengurai kesusahan dan kesulitan hidup. Adapun cara pengamalannya yaitu dgn membaca ayat Kursi sebanyak 313 kali, dibaca di tengah malam setelah mengerjakan shalat sunnah hajat dua rakaat. Dibaca di tempat yg sunyi dlm keadaan khusyu', tawadhu, dan suci badan serta tempat. Insya Allah dgn cara demikian, apapun kesulitan dan kesempitan hidup kita akan segera diangkat dan terurai, sehingga kita bisa merasakan kebahagiaan dan ketentraman hidup.
Masih banyak khasiat lainnya yg tak dpt dijelaskan secara rinci dlm artikel ini. Cukuplah kita meyakini akan keagungan dan kesucian salah satu bagian dari kalamullah ini, insya Allah kita sudah mendapatkan keutamannya. aamiin Allaahumma aamiin.
Baca artikel menarik lainnya berikut ini:
  1. Khasiat Surah Al-Fatihah
  2. Misteri Keutamaan Puasa dlm Islam
  3. Cara Al-Quran Diwahyukan Kepada Rasulullah
  4. Membuka Lembaran hakikat Cinta
  5. Menguak Cinta pd Pandangan Pertama

source : http://okezone.com, http://merdeka.com, http://santriclumut.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact