Sunday 13 December 2015

Alasan Kenapa Mesti Mencuci Tangan - Tanah Air

epssub.blogspot.com - Mencuci tangan adlh salah satu aspek utama bagi kesehatan. Sayangnya kesadaran masyarakat
Alasan Kenapa Mesti Mencuci Tangan
sumber : loop.co.id
akan pentingnya mencuci tangan masih sangat rendah.

Untuk menghindari segala resiko penyakit yg bisa timbul, hendaknya kita selalu mencuci tangan, baik sebelum makan ataupun setelah kita melakukan aktivitas sehari-hari. Kenapa demikian ? Berikut ni adlh alasan penting kenapa kita harus mencuci tangan, di antaranya adlh :
  • Tangan merupakan sarana yg paling sering menghubungkan tubuh dgn lingkungan sekitar. Oleh sebab itu tangan menjadi salah satu media penularan penyakit. Misalnya, saat kita memegang uang, memegang benda-benda di tempat umum, kita tak tahu kuman / bakteri apa yg telah berpindah ke tangan kita. Walaupun nampaknya tak kotor, umumnya pd tiap sentimeter kulit kita terdapat 1.500 bakteri / kuman yg dpt menimbulkan berbagai penyakit jika masuk ke dlm tubuh kita.
  • Penyakit yg bisa kita derita akibat tak mencuci tangan adlh diare, muntaber, tifus, kolera, cacingan, hepatitis, leptospirosis, jamur kulit, dan lain-lain. Dengan mencuci tangan kita bisa mencegah penyakit-penyakit tersebut menghampiri kita. Oleh karenanya, pencegahan dini dgn selalu mencuci tangan menjadi pilihan yg bijak selain jg murah.
  • Tangan yg kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya cacing. Jika telur cacing masuk ke dlm tubuh, hal tersebut salah satunya bisa mengakibatkan menurunnya tingkat kecerdasan, terutama buat anak-anak. Hal ni disebabkan karena di dlm tubuh, cacing akan menghisap darah dan mengambil bernagai zat gizi, misalnya protein yg merupakan salah satu unsur pembangun otak. Selain itu, keberadaan cacing di dlm tubuh manusia jg bisa mengakibatkan anemia / kekurangan darah. Anak yg menderita anemia akan sulit berkonsentrasi.
  • Dari penelitian yg pernah dilakukan, mencuci tangan dpt menurunkan resiko kematian dan penyakit.

Begitu pentingnya kesehatan bagi kita, oleh karenanya untk menghindari segala penyakit yg bisa menyerang kita, biasakanlah mencuci tangan dgn cara yg benar, yaitu dgn air yg mengalir dan menggunakan sabun.

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact