Tuesday 22 December 2015

JADWAL PEMUPUKAN Pada Tanaman CABE Yang Baik & Benar

epssub.blogspot.com - Dari sekian banyak tanaman hortikultura sayur maupun buah-buahan, cabe rawit masih populer dan sering dibudidaya oleh banyak petani di seluruh provinsi di Indonesia. Bukan tanpa alasan, bercocok tanam cabe rawit dan varietas cabe jenis lainnya memang terbukti mampu mendongkrak hasil panen yg lebih menguntungkan bagi petani nusantara.

Harga cabe nyaris sangat mahal pd waktu-waktu tertentu, dan harganya stabil dibandingkan dgn produk pertanian lainnya. Terkadang jika harga cabai tinggi petani akan diuntungkan berlipat-lipat ganda.

Untuk memperoleh hasil panen dan buah cabe yg banyak, lebat, dan berkualitas, tentu saja ada banyak faktor yg mengiringinya supaya memiliki kriteria demikian. Faktor pemupukan jg memegang peranan pnting dlm pertanian budidaya cabe untk hasil panen yg memuaskan, yakni tanaman cabe menjadi subur, tanah/lahan pertanian menjadi gembur dan tercukupi asupan nutisi penting bagi tanaman.

JADWAL PEMUPUKAN Pada Tanaman CABE Yang Baik & Benar
Perkebunan Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat Karena Jadwal Pemupukan Yang Benar, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Banyak sedikitnya buah cabe yg dihasilkan jg sangat dipengaruhi oleh faktor pemupukan yg tepat dan terencana, serta disesuaikan dgn umur tanaman, serta kondisi tanah dimana tanaman cabe tersebut ditanam.

Berikut ni jadwal pemupukan pd tanaman cabe rawit jengki yg pernah saya lakukan, dan hasilnya memang cukup memuaskan, dimana tanaman cabenya menjadi lebih subur, daunnya hijau-hijau segar, dan menghasilkan buah yg banyak, lebat, dan berkualitas tinggi.

Jadwal 1:

Pada jadwal pertama ini, yakni pemberian pupuk organik dari kotoran ayam yg telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Pemberian pupuk diberikan pd saat tanaman berumur 1 hari (saat tanam awal).

Tujuan pemberian pupuk dari kotoran ayam adlh karena mengandung banyak unsur Phosfat, Magnesium (Mg), dan Nitrogen (N) yg sangat baik untk meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan pd tanaman cabe. Pada akhirnya, setelah pemberian pupuk, maka batang dan akar tanaman akan menjadi lebih kokoh/kuat, akar primer dan sekundernya akan tumbuh banyak di pusat tanaman tumbuh, serta akan membuat daunnya menjadi lebih hijau dan segar.

Faktor unsur nitrogen (N) dari kotoran ternak ayam yg terserap pd tanah justru akan menambah unsur hara pd lapisan tanah tertentu, sehingga akan mampu menyimpan cadangan nutrisi hingga pd tahap tanaman sudah mulai menghasilkan bunga dan buah.

Jadwal 2:

Jadwal ke-2 ni diberikan larutan pupuk phonska cair yg dibuat sendiri oleh petani. Untuk pembuatan larutan pupuk phonska cair, silakan dpt mengikuti langkah-langkah berikut: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

Pemberian pupuk phonska cair pd akar akar tanaman cabe terbukti ampuh untk menghasilkan bunga dan buah cabe yg banyak dan berlimpah. Dan hal ni sudah saya praktekan di kebun cabe rawit saya sendiri. Sekarang giliran anda mencobanya membuat larutan pupuk phonska cair ini.

Jadwal pemberian larutan phonska cair ni adlh ketika tanaman sudah berumur sekitar 20 - 25 hari sejak tanam awal. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah pembuatan larutan pupuk phonska cair seperti di atas, disitu telah dijelaskan tentang bagaimana cara pemberian/dosis bagi tiap-tiap tanaman cabe yg diberikan phonska cair tersebut.

Jadwal 3:

Pada jadwal ke-3 ini, pemberian pupuk pd kotoran sapi/kambing yg telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Jadwal pemberian yakni pd saat tanaman cabe berumur 40 - 45 hari menjelang tanaman cabe mengalami pembungaan dan menghasilkan buah untk segera dipanen.

Cara pemberian pupuknya yaitu dgn cara memberikan 2 genggam pupuk kandang sapi/kambing (pilih salah satu saja) pd tiap-tiap tanaman. Letakan 2 genggam pupuk kandang tersebut tepat berada pd pusat tumbuh tanaman/di bawah akar tanaman, sembari setelah itu lakukan penyiraman supaya pupuk dpt terserap di dlm tanah.

Jika anda memberikan pupuk sesuai jadwal yg telah dijelaskan di atas, saya akan menjamin penuh bahwa tanaman cabe rawit, cabe hijau, dan jenis cabe lainnya akan jauh lebih produktif, dan tak menutup kemungkinan akan menghasilkan tanaman yg subur, tanahnya gembur, serta akan menghasilkan buah cabe yg berbuah lebat, buahnya banyak, bunga-bunganya banyak, serta lebih menguntungkan.

Sebagai hadiah untk pembaca semuanya, saya berikan foto-foto dokumentasi dari tanaman cabe rawit jengki yg telah dibudidaya di kebun cabe milik saya sendiri. Silakan tengok foto-foto tanaman cabe jengki yg telah dibudidaya mengikuti 3 jadwal di atas.

Foto 1:

JADWAL PEMUPUKAN Pada Tanaman CABE Yang Baik & Benar
Berkat Pupuk Phonska Cair, Cabe Jadi Berbuah Lebat, Foto Oleh: Wahid Priyono

Foto 2:


JADWAL PEMUPUKAN Pada Tanaman CABE Yang Baik & Benar
Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat, Photo by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 3:


JADWAL PEMUPUKAN Pada Tanaman CABE Yang Baik & Benar
Cabe Jengki Berbuah Lebat, Foto Orisinil Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Itulah tadi penjelasan rinci tentang: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar, sesuai dgn pengalaman yg telah saya lakukan beberapa tahun untk mendongkrak hasil panen cabe rawit yg sukses dan berbuah banyak. Semoga apa yg telah dijelaskan di atas bermanfaat. Salam budidaya pertanian, ayo berkebun. Jangan lupa baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat Berbuah Lebat.

other source : http://detik.com, http://guruilmuan.blogspot.com, http://liputan6.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact