Friday 11 December 2015

Seputar Tahi Lalat (Nevus atau Moles) - Tanah Air

epssub.blogspot.com - Tahi lalat / dikenal jg dgn sebutan nevus / moles, pada umumnya tak berbahaya. Tahi
Seputar Tahi Lalat (Nevus atau Moles)
sumber : health.detik.com
lalat merupakan bercak gelap di kulit akibat timbunan pigmen yg dilakukan oleh sel melanosit, warnanya bisa coklat tua, hitam, merah, / kuning coklat. Ukuran tahi lalatpun bervariasi, bentuknya bisa mendatar / menonjol, permukaannya bisa halus / kasar, dan bisa ditumbuhi rambut.
Tidak semua tahi lalat ada sejak lahir, bisa saja muncul di kemudian hari, dan biasanya tahi lalat tak tumbuh lagi setelah seseorang dewasa. Tahi lalat tumbuh semasa anak berusia 6 - 12 bulan, dan menjadi nyata pd masa remaja. Di masa tua biasanya tahi lalat akan memudar. Hanya sedikit bayi yg dilahirkan sudah mempunyai tahi lalat.

Pada umumnya keluarga yg banyak mempunyai tahi lalat, akan menurun jg pd anak-anaknya. Tahi lalat tak harus dihilangkan, kecuali memang mengganggu. Dalam beberapa kasus, memang ada tahi lalat yg harus dihilangkan, terutama tahi lalat yg berubah menjadi ganas. Dalam keluarga yg pernah / mempunyai riwayat menderita kanker kulit yg berasal dari tahi lalat harus lebih hati-hati dan cermat mengamati tahi lalat yg ada pd dirinya.
Tahi lalat yg sedari awal ukurannya besar cenderung lebih mudah menjadi ganas dibandingkan yg ukurannya kecil. Adapun tanda-tanda perubahan pd tahi lalat yg bisa mengarah pd keganasan, adlh sebagai berikut :
  • Ukurannya bertambah besar.
  • Warnanya bertambah gelap.
  • Terjadi peradangan.
  • Terjadi perubahan warna dlm bentuk bintik-bintik.
  • Adanya pendarahan.
  • Terasa gatal dan nyeri.

Stimulasi terhadap tahi lalat, baik karena gesekan, garukan, sinar ultraviolet, dan lain sebagainya menurut banyak ahli jg dpt memicunya menjadi ganas.

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact