epssub.blogspot.com - Uang terakhir senilai US$ 300 dipakai untk mendirikan perusahaan. Andalannya hanya sebuah prototipe dan website sederhana.Seorang wirausahawan diharapkan tetap kuat menghadapi kegagalan yg beruntun sebelum bisa menjadi pengusaha yg sukses. Apalagi jika harus berhadapan dgn masalah permodalan.
Sangat jarang sekali ada seorang wirausahawan yg mampu mendapat keuntungan dari bisnisnya dlm tahun pertama. Tapi Caleb Garrett dan Alex Moreno dari Hawkers Co mengatakan bisnis kacamata merek D2C hanya butuh dua tahun untk memperoleh keuntungan US$ 60 juta.
Jadi, wirausahawan yg sukses dlm waktu singkat benar-benar ada. Menggunakan media sosial, iklan di Facebook, dan keberanian dlm mencoba hal baru. Tanpa sungkan, lima pendiri Hawkers Co berbagi tips mengubah bisnis yg hanya bernilai US$ 300 (Rp 4 juta) menjadi US$ 60 juta (Rp 853, 2 miliar):
1. Mengetahui pasar AndaKetika Moreno, CEO Hawkers, pertama kali memutuskan ingin membuka usaha, dia ingin membuat produknya dpt diakses, terjangkau, dan dicintai oleh berbagai kalangan. Biasanya, orang lebih suka melakukan branding untk memahami pasar dan melebarkan sayap. Tetapi, menurut Moreno, Hawkers adlh cerita yg berbeda karena sebagian besar disebabkan oleh pasar itu sendiri.
Hawkers memasuki pasar yg dimonopoli oleh Luxxotica, raksasa kacamata yg memegang merek-merek ternama termasuk Prada, Ray-Ban, dan Gucci. Tapi Garrett, investor dan mitra Hawkers di AS, memberitahu "Anda tak perlu merusak orang lain untk memiliki produk hebat dan besar" dan tampaknya dia benar. Kacamata Hawkers dijual dgn harga mulai dari US$ 20 sampai US$ 40, sedangkan sepasang Ray-Ban sekitar US$ 200. Hebatnya lagi, kacamata Hawkers diproduksi di pabrik yg sama dgn sebagian besar merek Luxxotica.
2. Mengambil risiko besarKetika Moreno menggunakan uang terakhirnya senilai US$ 300 untk mendirikan Hawkers, dia hanya mengandalkan sebuah prototipe dan website sederhana. Agar produknya tetap murah, Moreno memutuskan untk menjual secara eksklusif melalui Internet. Menurut Garrett, apa yg membuatnya tertarik mendanai perusahaan ni adlh bahwa tim ni tak takut untk mencoba segala daya untk mendapatkan pelanggan. Mereka justru menghindari penjualan melalui cara tradisional.
"Karena kami hanya punya US$ 300 saat mendirikan perusahaan, kami tak pernah melihatnya sebagai kegagalan. Kami tak peduli seberapa besar perusahaan tumbuh, jika memang harus tutup besok, kami hanya kehilangan beberapa ratus dolar, " kata Moreno.
Tim Hawkers termasuk beberapa teman dekat dan keluarga Moreno dgn latar belakang teknologi, yg menyarankan dia untk membeli iklan di Facebook. Menurut Moreno, pd saat iklan Facebook mendapatkan banyak ulasan negatif, Hawkers benar-benar diuji. Tapi mereka tetap melakukannya. Dalam beberapa minggu halaman Hawkers di Facebook mulai kebanjiran pesanan dan penjualan mulai meroket.
3. Transparansi akan menciptakan pasukan penggemarMoreno dan Garrett setuju bahwa kesuksesan mereka adlh karena mereka 'membuat segalanya mudah dan berusaha menjaga transparansi bagi pelanggan'. Mereka berusaha mendengar semua pesan dan suara konsumen secara konsisten. Menurut Garrett, kepada siapa perusahaan dan merek disandingkan jg memainkan peran besar. Hawkers sendiri telah menjalin kemitraan dgn Facebook, Paypal, DOPE, Saucey, dan lain-lain.
Karena prospek yg cerah dan keberanian menggunakan iklan di Facebook melalui trial-and-error, mereka dgn cepat menjadi salah satu perusahaan dgn performa tertinggi di Facebook. Hal itu memberi mereka sebuah kesempatan untk berbicara di kampus Facebook sebagai studi kasus.Mau mengikuti jejak mereka?sumber:http://dream.co.id/dinar/entrepreneur-sukses-ubah-bisnis-rp-4-juta-menjadi-rp-850-m-151006i.html
Sangat jarang sekali ada seorang wirausahawan yg mampu mendapat keuntungan dari bisnisnya dlm tahun pertama. Tapi Caleb Garrett dan Alex Moreno dari Hawkers Co mengatakan bisnis kacamata merek D2C hanya butuh dua tahun untk memperoleh keuntungan US$ 60 juta.
Jadi, wirausahawan yg sukses dlm waktu singkat benar-benar ada. Menggunakan media sosial, iklan di Facebook, dan keberanian dlm mencoba hal baru. Tanpa sungkan, lima pendiri Hawkers Co berbagi tips mengubah bisnis yg hanya bernilai US$ 300 (Rp 4 juta) menjadi US$ 60 juta (Rp 853, 2 miliar):
1. Mengetahui pasar AndaKetika Moreno, CEO Hawkers, pertama kali memutuskan ingin membuka usaha, dia ingin membuat produknya dpt diakses, terjangkau, dan dicintai oleh berbagai kalangan. Biasanya, orang lebih suka melakukan branding untk memahami pasar dan melebarkan sayap. Tetapi, menurut Moreno, Hawkers adlh cerita yg berbeda karena sebagian besar disebabkan oleh pasar itu sendiri.
Hawkers memasuki pasar yg dimonopoli oleh Luxxotica, raksasa kacamata yg memegang merek-merek ternama termasuk Prada, Ray-Ban, dan Gucci. Tapi Garrett, investor dan mitra Hawkers di AS, memberitahu "Anda tak perlu merusak orang lain untk memiliki produk hebat dan besar" dan tampaknya dia benar. Kacamata Hawkers dijual dgn harga mulai dari US$ 20 sampai US$ 40, sedangkan sepasang Ray-Ban sekitar US$ 200. Hebatnya lagi, kacamata Hawkers diproduksi di pabrik yg sama dgn sebagian besar merek Luxxotica.
2. Mengambil risiko besarKetika Moreno menggunakan uang terakhirnya senilai US$ 300 untk mendirikan Hawkers, dia hanya mengandalkan sebuah prototipe dan website sederhana. Agar produknya tetap murah, Moreno memutuskan untk menjual secara eksklusif melalui Internet. Menurut Garrett, apa yg membuatnya tertarik mendanai perusahaan ni adlh bahwa tim ni tak takut untk mencoba segala daya untk mendapatkan pelanggan. Mereka justru menghindari penjualan melalui cara tradisional.
"Karena kami hanya punya US$ 300 saat mendirikan perusahaan, kami tak pernah melihatnya sebagai kegagalan. Kami tak peduli seberapa besar perusahaan tumbuh, jika memang harus tutup besok, kami hanya kehilangan beberapa ratus dolar, " kata Moreno.
Tim Hawkers termasuk beberapa teman dekat dan keluarga Moreno dgn latar belakang teknologi, yg menyarankan dia untk membeli iklan di Facebook. Menurut Moreno, pd saat iklan Facebook mendapatkan banyak ulasan negatif, Hawkers benar-benar diuji. Tapi mereka tetap melakukannya. Dalam beberapa minggu halaman Hawkers di Facebook mulai kebanjiran pesanan dan penjualan mulai meroket.
3. Transparansi akan menciptakan pasukan penggemarMoreno dan Garrett setuju bahwa kesuksesan mereka adlh karena mereka 'membuat segalanya mudah dan berusaha menjaga transparansi bagi pelanggan'. Mereka berusaha mendengar semua pesan dan suara konsumen secara konsisten. Menurut Garrett, kepada siapa perusahaan dan merek disandingkan jg memainkan peran besar. Hawkers sendiri telah menjalin kemitraan dgn Facebook, Paypal, DOPE, Saucey, dan lain-lain.
Karena prospek yg cerah dan keberanian menggunakan iklan di Facebook melalui trial-and-error, mereka dgn cepat menjadi salah satu perusahaan dgn performa tertinggi di Facebook. Hal itu memberi mereka sebuah kesempatan untk berbicara di kampus Facebook sebagai studi kasus.Mau mengikuti jejak mereka?sumber:http://dream.co.id/dinar/entrepreneur-sukses-ubah-bisnis-rp-4-juta-menjadi-rp-850-m-151006i.html
other source : http://log.viva.co.id, http://renunganharian-cahaya-bangsa.blogspot.com, http://imgur.com
No comments:
Post a Comment