epssub.blogspot.com - Sobat atik utak Motor- Tips ni sangat sederhana bagi sobat atik-utak motor yg sudah berpengalaman utak-atik mesin, apalagi yg rajin ikuti tips portal ini. Tapi toh, tak ada salahnya jg ilmu ni tetap dibagi dan semoga bermanfaat khusunya bagi sobat atik-utak motor baru.
Sobat atik-utak, dlm perawatan rutin sepeda motor khususnya motor 4 tak, diperlukan penyetelan / pemeriksaan katup. Tujuannya untk mengetahui dan mengembalikan kondisi kerenggangan celah katup kembali ke spesifikasi standar. dgn demikian kinerja mesin akan kembali maksimal. Point penting yg perlu diperhatikan dlm melakukan pemeriksaan dan penyetelan katup, langkah-langkah yg harus dilakukan sebelumnya adlh memposisikan piston pd posisi titik mati atas / biasa disebut dgn TMA.
Mencari Posisi Top Kompresi MotorSyarat yg lain yg perlu dilakukan adlh posisi katup dlm kondisi bebas artinya tak sedang dlm kondisi ditekan pelatuk (rocker arm), sehingga bisa disetel kerenggangannya. Jangan lupa, posisi piston pd TMA / kondisi dimana piston berada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama adlh top kompresi, yaitu piston berada diatas pd akhir langkah kompresi setelah piston melakukan langkah hisap. Yang kedua adlh top buang dimana posisi piston diatas setelah akhir langkah buang. Untuk melakukan penyetelan katup posisi piston harus berada pd top kompresi. Untuk mencari posisi tersebut kita harus menyesuaikan tanda T yg ada pd magnet dgn tanda yg ada di blok mesin, dan jg tanda yg ada pd timing gear dgn tanda yg ada pd kepala silinder.
Mencari Posisi Top Kompresi MotorSyarat yg lain yg perlu dilakukan adlh posisi katup dlm kondisi bebas artinya tak sedang dlm kondisi ditekan pelatuk (rocker arm), sehingga bisa disetel kerenggangannya. Jangan lupa, posisi piston pd TMA / kondisi dimana piston berada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama adlh top kompresi, yaitu piston berada diatas pd akhir langkah kompresi setelah piston melakukan langkah hisap. Yang kedua adlh top buang dimana posisi piston diatas setelah akhir langkah buang. Untuk melakukan penyetelan katup posisi piston harus berada pd top kompresi. Untuk mencari posisi tersebut kita harus menyesuaikan tanda T yg ada pd magnet dgn tanda yg ada di blok mesin, dan jg tanda yg ada pd timing gear dgn tanda yg ada pd kepala silinder.
Biasanya untk mencari posisi tersebut kita harus melepas tutup timing gir terlebih dahulu. Sehingga akan terlihat tanda yg ada pd timing gir. Untuk mempercepat waktu dlm melakukan penyetelan katup, kita tak perlu membuka tutup timing gir, cukup membuka tutup baut magnet dan lubang pengintai tanda T yg ada di magnet saja.
Dengan cara melihat pergerakan katup, kita akan tahu posisi piston pd top kompresi / top buang. Kembali pd penjelasan diatas bahwa top kompresi terjadi pd akhir kompresi setelah melakukan langkah hisap, berarti kita bisa tahu bahwa disitu terjadi gerakan pembukaan katup hisap.
Dengan cara melihat pergerakan katup, kita akan tahu posisi piston pd top kompresi / top buang. Kembali pd penjelasan diatas bahwa top kompresi terjadi pd akhir kompresi setelah melakukan langkah hisap, berarti kita bisa tahu bahwa disitu terjadi gerakan pembukaan katup hisap.
Caranya kita raba katup hisap maupun buang dgn jari-jari kita. Sambil kita putar magnet menggunakan kunci T berlawanan arah jarum jam sambil kita rasakan katup mana yg bergerak menekan. Jika yg bergerak katup hisap / katup yg ada diatas berarti selanjutnya akan ketemu tanda T pd lubang pengintai, tanda T yg terlihat dari lubang intip tersebut menunjukkan piston pd posisi Top Kompresi. Tapi jika yg bergerak menekan katup buang / katup yg ada dibawah berarti disitu akan terjadi top buang. Jika tanda T yg ada di lubang intip sudah pas dgn tanda pd tutup magnet selanjutnya kita akan bisa melakukan penyetelan celah katup sesuai dgn kerenggangannya. Mudah kan?
Selanjutnya silahkan anda melanjutkan pekerjaan menyetel katub, lakukan penyetelan katub sesuai dgn spesifikasi celah katub anda, soalnya antar produsen yg berbeda biasanya mematok spesifikasi sendiri-sendiri. Selamat mencoba
source : http://bbc.co.uk, http://merdeka.com
No comments:
Post a Comment