Saturday 3 October 2015

[Masakan Jepang] Caesar Salad dengan Ayam Goreng

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
epssub.blogspot.com - Akhir-akhir ni makanan yg saya makan sehari-hari memang tak terkontrol, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Sejak sebulan ni tiap pulang dari kantor, hanya dua menu makan malam yg memenuhi benak saya: paket Burger King Whoopers dan mie goreng instan dgn chicken wings. Okeh saya tahu, bukan dua menu tapi banyak menu! Nah porsi makanan yg saya sebutkan di atas memang termasuk luar biasa. Whoopers merupakan paket di Burger King yg ukurannya lumayan jumbo, plus kentang goreng extra large, segelas besar Coca Cola dan satu cup ice cream sundae dgn topping strawberry maka sesudah menyantapnya perut pun terasa hampir meledak hingga bernafas pun menjadi susah. Perasaan menyesal pun tiba ketika semua makanan telah habis tandas tak bersisa. Tapi susahnya, dua / tiga hari kemudian saya pun mengulangi story yg sama. Nangkring di Burger King menyantap Whoopers!

Selain burger, makanan lain versi rumahan yg bisa saya santap dgn cepat setiba di rumah adlh dua bungkus mie goreng instan plus 'segambreng' cabai, telur mata sapi dan sepiring besar chicken wings. Porsinya saya yakin akan membuat anda membatin Masya Allah! Piring biasa bahkan sudah tak muat menampungnya sehingga saya menggunakan mangkok besar yg biasa digunakan untk mengaduk adonan cake sebagai tempat makan. Saat menyantap makanan memang sebaiknya tak dibarengi dgn kegiatan menonton TV / browsing internet, tapi itulah yg saya lakukan. Ketika yg tersisa dari chicken wings di piring hanyalah remah-remah dan saus yg belepotan, perut saya pun masih tetap menjerit lapar. Tobat!

Caesar Salad dengan Ayam GorengCaesar Salad dengan Ayam Goreng

Kesadaran mulai datang bukan karena celana kerja yg mulai terasa sesak - saya selalu menggunakan satu nomor lebih besar dari ukuran normal - tetapi ketika sedang mencuci tangan di wastafel Burger King. Lampu yg terang benderang, kaca yg lebar dgn jarak yg sangat dekat membuat saya menyadari betapa mengerikannya saya. Muka yg lebar ni - yg selalu membuat saya teringat dgn julukan yg diberikan almarhum Bapak saya, "si Muka Tampah" - tampak semakin lebar. Bahkan saya curiga hidung besar saya pun semakin bertambah besar bukan karena mengikuti hoki tetapi mengikuti pipi yg menjadi jauh lebih tembam. Sepulangnya dari restoran, saya pun langsung singgah sejenak di toko buah di dekat rumah dan mengisi kulkas di dapur dgn aneka buah dan sayuran. Sepertinya saya harus kembali ke selera asal yg terbukti ampuh menurunkan dan menjaga berat badan: jus buah sayur dan salad!

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Dalam kondisi overweight seperti ni dimana buah dan sayur menjadi alternatif asupan terbaik, saya pun bersyukur menjadi sosok yg maniak dgn kedua bahan makanan tersebut. Nah masalah utama adlh rasa malas untk mengupas, menyiangi buah dan sayuran serta mencuci blender yg telah digunakan, apalagi jika dlm kondisi terburu-buru di pagi hari saat akan berangkat ke kantor. Untuk menyiasatinya saya pun mempersiapkannya di malam hari sebelum tidur. Bahan utama jus berupa aneka buah telah saya kupas dan potong dan kemudian saya masukkan ke dlm tupperware untuk diblender esok pagi. Demikian jg dgn bahan salad.

Saya akui meyantap salad tiap hari terasa membosankan, walau perbendaharaan dressing salad dlm kamus resep saya termasuk lumayan banyak. Tak urung perut ni eneg jg kalau harus menjadi copycat kambing tiap hari. Biasanya untk mengusir rasa bosan, saya pun mengkombinasikan salad dgn protein seperti ikan / ayam. Oh ya, tahukah anda salad akan terasa lebih yummy ketika suwiran ikan / ayam panggang jg anda gunakan sebagai campurannya? Untuk tips yg satu ini, saya sarankan anda harus segera mencobanya di rumah. ^_^

Caesar Salad dengan Ayam GorengCaesar Salad dengan Ayam Goreng
Untuk resep salad kali ni saya menampilkan caesar salad yg dikombinasikan dgn ayam goreng tepung. Sausnya yg sedikit pedas dan gurih pas bersanding dgn daun lettuce, irisan ketimun dan wortel yg crunchy karena saya merendamnya di dlm air es sebelum salad dihidangkan. Caesar salad merupakan salad yg biasanya terbuat dari selada Romaine dan potongan roti kering bernama crouton, dgn siraman dressing yg dibuat dari keju parmesan, jus lemon, minyak zaitun, telur mentah, saus Worcestershire (kecap Inggris), bawang putih dan merica hitam tumbuk. Terkadang di dalam dressing jg ditambahkan bubuk cabai / saus sambal untk memberikan sentuhan sedikit pedas dgn warna jingga yg semarak.

Caesar salad diciptakan oleh seorang pemilik restoran bernama Caesar Cardini, seorang imigran dari Italia yg memiliki usaha di Mexico dan US. Anak perempuan Cardini, bernama Rosa mengatakan, ayahnya menemukan resep Caesar salad ketika perayaan kemerdekaan Amerika pd tanggal 4 July 1924 menyebabkan restoran mengalami kehabisan stock bahan makanan di dapur. Cardini kemudian membuat salad dgn menggunakan bahan apapun yg masih dimiliki dgn menambahkan sentuhan dramatis di meja saji 'by the chef'. Beberapa staff Cardini mengatakan bahwa sebenarnya merekalah yg menemukan resep salad ini.

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Jika anda membaca resep Caesar salad yg banyak terdapat di internet maka anda akan menemukan satu bahan yg umum digunakan di dlm dressing yaitu anchovy. Anchovy merupakan sejenis ikan kecil yg umumnya diawetkan dgn cara diasinkan / dikeringkan. Mirip seperti ikan teri yg kita kenal di Indonesia, yg membedakan adlh umumnya anchovy di US / Eropa diproses dan diawetkan di dlm air garam / minyak dan kemudian dikemas di dlm kaleng. Hasil pengawetan ni menghasilkan ikan dgn aroma dan rasa yg sangat kuat serta membuat daging ikan berubah warna menjadi keabu-abuan. Umumnya anchovy digunakan hanya dlm porsi kecil saja sebagai perasa di dlm masakan, dan karena rasanya yg sangat kuat maka anchovy jg digunakan sebagai bahan saus termasuk saus Worcestershire (kecap Inggris), dan kecap ikan (fish sauce).

Nah berbeda dgn resep dressing salad yg beredar di internat maka resep asli dressing Caesar salad dari Cardini tak menggunakan anchovy di dalamnya. Untuk memberikan sedikit sentuhan rasa anchovy maka Cardini menggunakan saus Worcestershire sebagai penggantinya.

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Kembali ke Caesar salad yg saya buat, saya menggunakan dressing yg terbuat dari yogurt plain, air jeruk lemon, minyak zaitun, saus Worcestershire, saus mustard, cabai bubuk dan saus cabai botolan. Sebagai pengganti yogurt anda bisa menggunakan mayonnaise dan terkadang telur mentah jg ditambahkan ke dlm saus. Buatlah saus sebelum bahan-bahan salad anda persiapkan, minimal empat jam sebelumnya, ni untk membuat saus benar-benar mampu mengeluarkan rasa yg maksimal. Saus tahan hingga seminggu lamanya di dlm kulkas, jadi anda bisa membuatnya dlm jumlah yg banyak dan simpan di dlm botol. Setiap waktu anda ingin mengudap salad maka saus telah tersedia.

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Untuk bahan salad, umumnya Caesar salad hanya menggunakan daun selada biasa / selada Romaine yang crunchy, tanpa tambahan bahan lainnya. Saya menambahkan irisan ketimun dan serutan kasar wortel untk membuat isi salad lebih bervariasi dgn warna yg lebih cerah dan tentunya memiliki gizi yg lebih kompleks. Tahukah anda bahwa pengupas kulit buah (vegetable peeler) bisa anda gunakan jg untk menyerut daging wortel menjadi serutan tipis yg panjang? Saya terus terang lebih suka rasa wortel yang crunchy karena itu saya sengaja menghindari menyerutnya menggunakan parutan rujak serut yg memberikan hasil lebih halus.

Biasanya Caesar salad ditaburi croutons (potongan roti kering berwarna kecoklatan) di permukaanya. Jika anda memiliki waktu anda bisa membuat crouton sendiri di rumah karena prosesnya sangat mudah. Anda hanya perlu memotong roti tawar / jenis roti sandwich lainnya menjadi kubus kecil, menatanya di loyang kue kering, ciprati permukaan roti dgn minyak zaitun dan panggang di oven suhu 180'C sambil sekali-kali dibalik hingga kering kecoklatan. Croutons sedap untk disantap bersama salad / sup.

Wokeh saya rasa penjelasan saya mengenai Caesar salad sudah lebih dari cukup ya, jadi berikut resep dan prosesnya.

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Caesar Salad dgn Ayam GorengResep hasil modifikasi sendiri
Untuk 2 porsi

Terarik dgn resep salad lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
20 Menit Salad Sayuran dgn Ayam dan Kentang Goreng
Urap, Sedapnya Salad a la Indonesia
Salad Sayur dgn Dressing Jeruk Sunkist

Bahan dressing: - 5 sendok makan plain yogurt, bisa diganti dgn mayonnaise - 3 sendok makan minyak zaitun - air perasan 1/2 butir jeruk lemon - 2 siung bawang putih, cincang halus - 3 sendok makan keju cheddar parut - 2 sendok teh Worchstershire sauce (kecap Inggris) - 2 sendok teh mustard sauce (optional, untk memberikan warna kekuningan dan rasa yg khas) - 1 sendok makan saus sambal botolan - 1 sendok teh cabai bubuk - 1/2 sendok teh garam' - 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
Bahan dan bumbu ayam goreng: - 150 gram fillet dada ayam, potong tipis sepanjang 3 cm, tebal 1 cm - 2 sendok makan tepung terigu serba guna - 1 sendok makan tepung maizena - 1 sendok makan tepung tapioka - 1/2 sendok teh garam - 1/2 sendok teh merica - 1/2 sendok teh baking powder
- 1 butir telur

Bahan salad: - 1 bongkah lettuce / jenis daun selada lainnya, sobek kasar ukuran layak makan - 1 batang wortel, kupas dan serut memanjang dgn vegetable peeler
- 1 buah ketimun, kupas, belah memanjang menjadi 4 bagian dan iris serong tipis
Cara membuat:

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Persipkan semua bahan salad dan dressing. Sobek kasar daun lettuce dgn jari tangan. Kupas wortel dan dgn menggunakan pengupas kulit buah/sayuran (vegetable peeler), serut memanjang wortel tipis-tipis hingga wortel habis terserut.

Kupas ketimun, belah memanjang menjadi 4 bagian dan iris serong tipis. Rendam semua sayuran di dlm air es untk mempertahankan kesegarannya dan membuat teksturnya menjadi crunchy. Tiriskan sayuran saat akan disantap.

Membuat dressing

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Masukkan yogurt, minyak zaitun dan mustard sauce ke dlm mangkuk, aduk hingga rata. Masukkan semua bahan lainnya. Aduk rata. Simpan dlm wadah yg memiliki tutup di chiller kulkas, minimal selama 4 jam untk hasil terbaik. Saus bisa tahan sampai 1 minggu lamanya di kulkas.

Membuat ayam goreng

Caesar Salad dengan Ayam Goreng
Masukkan semua bahan ayam goreng ke dlm mangkuk, aduk rata. Goreng dlm minyak panas hingga permukaan ayam terendam minyak. Goreng sampai permukaannya kecoklatan dan kering. Angkat dan tiriskan.

Siapkan piring / mangkuk lebar, letakkan semua bahan salad di atasnya. Siram dgn dressing dan tata ayam goreng diatas salad. Siap disantap segera. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Caesar salad
Wikipedia - Anchovy

other source : http://flickr.com, http://justtryandtaste.com, http://liputan6.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact