Thursday 1 October 2015

[Masakan Jepang] Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
epssub.blogspot.com - Jika kita berbicara mengenai mayonnaise maka gambaran utama yg kita dapatkan adlh saus yg digunakan untk dressing aneka salad, berasa asam dan gurih. Tahukah anda ternyata selain lezat untk dressing, mayonnaise jg bisa digunakan sebagai salah satu bahan untk membuat cake coklat? Bercanda kan? Ah tidak. Mayonnaise dgn bahan utama pembuatnya adlh minyak dan kuning telur mentah ternyata ketika berkolaborasi dgn coklat dan bahan pembuat cake lainnya akan menghasilkan cake yang super moist dan nendang. Tapi kan mayonnaise berasa asam! Ketika telah bercampur dgn gula di dlm adonan cake, rasa asam hilang tak berjejak sama sekali. Sebenarnya kalau ditelaah lebih lanjut bahan pembuat mayonnaise mirip-mirip dgn bahan pembuat cake, dan seringkali jus lemon (pemberi rasa asam di mayonnaise) jg ditambahkan di dlm adonan cake, jadi tak aneh rasanya jika mayonnaise bisa jg digunakan sebagai salah satu komponennya.

Bagaimana jika tak memiliki mayonnaise di dapur? Ah jangan khawatir, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dgn cara yg sangat mudah. Jika menggunakan food processor, anda hanya memerlukan waktu sekitar lima menit saja untk menciptakannya. Untuk melihat resep dan prosesnya, silahkan klik link di sini ya, di artikel tersebut saya telah jelaskan betapa mudahnya membuat saus lezat yg satu ini.

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cakeChocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Tidak jelas siapa yg pertama kali mencetuskan ide membuat cake dgn menggunakan mayonnaise, tapi yg jelas cake ni telah cukup lama populer di US. Rasanya yg lezat, bahan yangsimple dan proses pembuatannya yg sangat mudah menjadi penyumbang utama mengapa cake ni harus anda coba di rumah.Telur dan gula cukup dimikser menjadi satu hingga kental, kembang dan berwarna putih pucat. Tahapan ni dikenal dgn namaribbon stageatau tahapan pita, tandanya ketikapengocok anda angkat maka adonan jatuh ke permukaan dan membentuk jejak lingkaran seperti gulungan pita yg dijatuhkan ke lantai, sekian detik kemudian jejak lingkaran ni menghilang. Jika adonan belum terbentuk tekstur yg seperti ni maka kocok kembali hingga terbentuk tekstur yg diinginkan.

Beberapa pembaca JTT sering kali menanyakan ke saya berapa lama waktu yg diperlukan untk membuat adonan yg mengembang dan kental jika menggunakan mikser. Terus terang saya tak berani memberikan satu angka waktu yg pasti karena kembali ke mikser yg anda miliki masing-masing. Beda mikser akan memberikan waktu yg berbeda, mikser heavy duty yang mampu digunakan untk mengocok adonan roti akan memberikan waktu lebih singkat dibandingkan dgn mikser umum seperti yg saya gunakan. Saran saya adlh perhatikan perubahan tekstur adonan dan yep feeling terkadang jg berperan dlm proses baking. ^_^

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Cake ni saya buat menjadi dua lapisan karena itu adonan saya pisahkan di dlm 2 buah loyang yg sama. Jika anda hanya ingin membuat cake dlm 1 loyang maka gunakan loyang yg lebih tinggi dari yg saya gunakan. Cake akan mengembang saat dipanggang tapi ketika mendingin permukaannya akan turun sehingga tak terlalu tinggi naiknya. Teksturnya padat, lembut, moist dan legit. Anda bisa menggunakan frosting coklat untk melapisi antar cake dan bagian permukaanya walau saya akui tanpafrostingrasanya lebih mantap. Atau jika kebetulan saat ni anda memiliki cream cheese di rumah tak ada salahnya bereksperimen menggunakan cream cheese kocok yg ditambahkan gula bubuk di dalamnya. Hmm, yummy!

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Bagi penggila coklat, cake coklat mayonnaise ni bisa menjadi satu alternatif cake untk dicoba dan saya pastikan anda tak akan menyesal meluangkan waktu untk membuatnya. Untuk mayonnaisenya anda bisa menggunakan mayonnaise siap pakai yg banyak dijual di supermarket dgn aneka merk, gunakan jenis mayonnaise yg pekat konsistensinya, bukan jenis yg encer.

Satu hal lagi, walauhomemade mayonnaise yang saya buat mengandung merica dan mustard di dalamnya tapi ketika telah menjelma menjadi cake coklat semua rasa itu musnah tak berjejak. Tertarik untk turut mencicipinya? Berikut resepnya ya.

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Chocolate Mayonnaise Cake Resep diadaptasikan dari blog Dying for Chocolate - Chocolate Mayonnaise Cake

Untuk 1 buah cake diameter loyang 20 cm.
Bahan: - 260 gram tepung terigu serba guna - 6 sendok makan bubuk coklat (saya pakai Bensdorp) - 1 sendok teh baking soda - 1 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh - 150 - 200 gram gula pasir - 3 butir telur - 1 sendok teh vanila ekstrak / 1/2 sendok teh vanili bubuk - 200 gram mayonnaise, klik disini untk pembuatan homemade mayonnaise - 250 ml air hangat - 100 gram chocolate chips / cincangan coklat blok/DCC (optional)

Untuk resep frosting-nya silahkan klik di JTT Cake Coklat Pisang
Cara membuat:

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Siapkan oven, panaskan disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan dua buah loyang bulat dgn garis tengah 20 cm tinggi 5 cm. Olesi mentega dan taburkan tepung pd permukaanya / alasi dgn kertas baking. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser. Masukkan telur, gula dan vanila ekstrak, kocok dgn speed rendah hingga bahan tercampur kemudian ganti menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga adonan berubah menjadi putih, mengembang dan sangat kental(ribbon stage)

Note: Waktu pengocokan bervariasi tergantung mikser yg anda gunakan, karena itu untk hasil yg tepat sebaiknya anda perhatikan tekstur adonan yg terbentuk. Tahapan ni dikenal dgn nama ribbon stage, ketika pengocok / spatula diangkat maka adonan akan jatuh perlahan ke wadah dan membentuk pola lingkaran pita di permukaan adonan, setelah beberapa detik pola ni kemudian menghilang. Jika belum terbentuk tekstur yg seperti ni lanjutkan kembali mengocok.

Rubah kecepatan mikser menjadi paling rendah dan masukkan mayonnaise dlm beberapa tahapan dan kocok hingga tercampur rata.

Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Secara bertahap masukkan secara berselang-seling antara tepung dan air hangat, awali dgn memasukkan tepung dan akhiri dgn tepung juga. Kocok dgn kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur baik, matikan mikser.


Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake
Bagi adonan menjadi dua bagian yg sama banyaknya ke dlm masing-masing loyang yg telah disiapkan. Taburi choco chips / cincangan coklat blok pd permukaannya. Panggang selama 20 menit / test dgn lidi jika tak ada adonan yg melekat maka cake telah matang. Dinginkan cake selama 10 menit dan keluarkan dari loyang. Biarkan hingga cake benar-benar dingin sebelum melapisinya dgn frosting.

Note: untk menghindari choco chips tenggelam taburkan saat cake akan dipanggang.


Chocolate Mayonnaise Cake: Menikmati coklat dan mayonnaise sekaligus dalam satu cake

Letakkan cake dlm dua buah piring, olesi permukaan piring pertama dengan frosting coklat. Tumpukkan cake kedua di atasnya. Olesi permukaan paling atas cake dengan frosting coklat. Biarkan hinggafrosting mengeras, paling mudah dgn menyimpannya di dlm kulkas.

Jika frosting telah mengeras, potong-potong cake dan siap disantap. Yummy!


Source:
Blog Dying for Chocolate - Chocolate Mayonnaise Cake
E-How.c0m - What are Ribbons in Baking Terms?

other source : http://imgur.com, http://youtube.com, http://justtryandtaste.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact