Sunday 6 December 2015

Delapan Makanan Pemicu Alergi - Fakta

Delapan Makanan Pemicu Alergi
Kacang Tanah
Bagi sebagian orang mungkin pernah mengalami kulit gatal-gatal / masalah lain setelah mengonsumsi makanan tertentu. Bila hal ni pernah anda alami, mungkin anda termasuk orang yg alergi terhadap sesuatu terutama itu pd makanan.

Alergi / hipersensitivitas ni sebenarnya merupakan kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dlm bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yg umumnya imunogenik (antigenik) / dikatakan orang yg bersangkutan bersifat atopik.

Seperti yg telah disebutkan di atas, alergi ni memang memiliki berbagai pemicu dan salah satu di antaranya adlh makanan. Maka dari hal itu pula, ada baiknya bagi anda yg memang Alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya menghindari beberapa makanan berikut ini:

1. Kacang Tanah
Di saat kita sedang santai / bermalas-malasan di depan Tv mungkin rasanya akan kurang lengkap apabila tak dilengkapi camilan seperti yg di antaranya adlh kacang tanah. Tapi bagi anda yg memang benar Alergi maka sebaiknya mulai menghindari biji-bijian satu ini.
Hal ni karena menurut para Ahli Gizi yg bernama Mansi Belani, mengungkapkan bahwa kacang dpt menimbulkan reaksi alergi seperti perut mulas, kulit gatal, bahkan sampai asma. Selain itu, kacang jg mengandung protein yg sangat tinggi yg tak bisa diterima oleh anak-anak, terutama bagi anak-anak yg intoleransi protein.

2. Sayuran
Sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, Tapi sayang, menurut para Ahli Gizi Jivesh Shetty mengungkapkan bahwa wortel, kubis, bayam, kembang kol, kentang manis, labu, bawang merah, maupun bawang putih dikatakan dpt menyebabkan reaksi alergi yg di antaranya ruam kulit, sakit perut / masalah pd lambung.

3. Buah
Selain sayuran, ternyata buah-buahan ada jg yg bisa menyebabkan masalah terutama bagi anda yg alergi. Memang sangat sungguh disayangkan, beberapa buah ni seperti stroberi, pisang, jeruk dan anggur bisa menimbulkan alergi tropik yg dpt merusak sistem kekebalan tubuh.

4. Tepung Terigu
Tepung terigu asalnya dari Gandum. Gandum gluten dikatakan sebagai alergen yg dikaitkan sebagai pemicu dari gejala penyakit celiac pd beberapa orang. Gluten ni dpt terdapat pd barley, gandum, dan sampanye.

"Penyakit Celiac adlh suatu kondisi yg merusak lapisan dari usus kecil dan mencegah dari menyerap nutrisi penting, " kata ahli gizi yg bernama Belani.

5. Susu Sapi
Susu Sapi sering disebut-sebut sebagai minuman sehat yg bisa membantu perkembangan tubuh anak, tapi terlepas dari hal itu bukan berarti susu sapi ni baik bagi kesehatan bayi. Hal ni karena adanya dua hingga tiga persen bayi alergi pd protein yg ditemukan dlm susu sapi maupun susu formula yg berbasis susu sapi. Dan jika anak anda mengalami alergi pd protein yg ada pd susu sapi, ni berarti mereka memiliki sistem reaksi kekebalan tubuh abnormal terhadap protein yg ada pd susu sapi itu,

6. Telur
Selain susu sapi, telur jg bisa menyebabkan alergi terutama bagi anak-anak. Hal ni mungkin sudah tak asing lagi bagi kita, karena makanan ni memang sudah kerap kali menimbulkan alergi pd anak-anak yg disebabkan oleh faktor zat kimia yg menimbulkan efek kulit gatal-gatal.

7. Kacang kedelai
Tempe merupakan makanan khas asal Indonesia yg memang terbuat dari kacang kedelai, akan tetapi bagi anda yg mempunyai alergi terhadap kacang kedelai ada baiknya harus waspada. Hal ni bukannya tanpa alasan, karena mengingat kacang kedelai mengandung phytoestrogen dan tingginya kandungan serat di dlm kacang kedelai dikatakan dpt menimbulkan gangguan pencernaan seperti stomatitis, kembung, diare maupun sakit perut.

Meskipun bisa menimbulkan alergi, akan tetapi alergi pd kacang kedelai ni biasanya sering dialami oleh bayi. Di samping hal itu, ada jg dari bayi yg alergi dari protein susu sapi ternyata jg alergi pd protein yg ada di dlm susu formula kedelai.

8. Makanan Laut
Mengonsumsi makanan dari hasil laut jg dpt menimbulkan masalah bagi mereka yg memang suka alergi terhadap makanan ini. makanan laut memang disebut-sebut dpt menyebabkan alergi yg disebabkan dari kandungan gizi tinggi pd ikan yg tak dpt diterima oleh tubuh seseorang dgn sistem antibodi rendah.

Dari delapan hal yg menjadi pemicu Alergi di atas sebenarnya masih ada beberapa lagi yg lain, tapi karena dari delapan poin itu yg paling sering dialami orang maka kami pun membahasnya kepada anda.

Artikel Ini merupakan kutipan dari sumber terpercaya seperti halaman Wikipedia, Timesofindia dan okezone

other source : http://fitrarahim.blogspot.com, http://pinterest.com, http://stackoverflow.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact