Thursday 14 January 2016

Membuat Sambal Mangga Muda - Es

epssub.blogspot.com - Pedas dan kesegaran sambal mangga akan membuat anda kepincut coba deh cara membuat sambal mangga...
Mangga merupakan salah satu dari sekian jenis buah yg di gemari masyarakat kita. tak jarang ketika musim mangga tiba stok buah mangga di rumah begitu melimpah. Apalagi keluarga memang sangat suka dgn mangga. Jadi tak heran karena memang mangga jg adlh buah yg begitu menarik dan mempunyai kandungan yg bagus untk di konsumsi.
Memang mangga di sukai karena rasanya yg manis. Memang tak semua mangga rasanya manis jadi memang untk mengkonsumsi buah mangga harus pintar memilih. Namun, sisi lain dari buah mangga yg tak kalah menggoda ketika mangga belum matang. artinya mangga masih dlm keadaan mentah yg kemudian diolah sedemikian rupa sehingga anda bisa kepincut.
Membuat Sambal Mangga Muda
Olahan seperti apa itu, jawabannya adlh sambal. Ya sambal yg di padukan dgn buah mangga akan menghasilkan kesegaran serta rasa pedas yg begitu menggoda selera. Saya yakin hanya sebagian dari kita yg sering makan sambal mangga selebihnya kebanyakan di konsumsi ketika matang saja.
Bagi anda yg penasaran tentang sambal mangga silakan ikuti terus artikel ni hingga habis. Sambal mangga mempunyai keunikan rasa tersendiri. karena kali ni kita akan bahas bagaimana resep sambal mangga ini. Sambal mangga yg akan kita buat di padukan dgn daging ayam jg jadi akan terasa lebih lengkap dan mantap. Simak apa saja bahan-bahan yg di perlukan serta cara membuatnya yg begitu sederhana. Resep Sambal Mangga

BahanUkuran
Ayam dipotong menjadi 8 bagian1 ekor
Serai dimemarkan3 batang
Daun salam2 lembar
Daun jeruk yg dibuang tulang daunnya dan disobek-sobek5 lembar
Air asam dari yg dibuat dari 1 sendok teh ditambah air 2 sendok makan kemudian dilarutkan1 sendok makan
Garam1 1/2 sendok makan
Air750 ml
Gula pasir1 sendok makan
Merica bubuk1 sendok teh
Minyak untk menggorengSecukupnya
Bumbu Halus
BahanUkuran
Jahe1 cm
Bawang merah10 butir
Bawang putih5 siung
Lengkuas2 cm
Kunyit bakar2 cm
Ketumbar1 sendok teh
Sambal Mangga
BahanUkuran
Cabai merah keriting12 buah
Cabai rawit merah10 buah
Terasi goreng1 sendok teh
Gula merah disisir15 gram
Garam1/2 sendok teh
Mangga muda diiris bentuk korek api halus150 gram
Minyak goreng dari sisa goreng terasi1 sendok makan
Cara Membuat Sambal Mangga
  1. Pertama kita bisa merebus daging ayam yg sudah disiapkan terlebih dahulu. Ayam di rebus dgn air di campur bersama daun salam di tambah daun jeruk, serai dan bumbu halus di atas hingga beberapa lama sampai matang dan meresap.
  2. Masukkan air asam jawa kemudian aduk hingga rata dan ambil kuahnya untk kaldu kurang lebih hingga 250 ml kemudian sisihkan.
  3. Ayam yg di rebus tadi kemudian di goreng. Siapkan minyak dgn api sedang terlebih dahulu untk menggorengnya. Goreng hingga matang dan terlihat warnanya berubah menjadi kekuningan.
  4. Berikutnya membuat sambalnya dgn cara mengulek beberapa bumbu yg dibutuhkan yaitu cabai merah keriting, terasi, garam, cabai rawit dan terakhir gula merah. Ulek hingga halus.
  5. Mangga muda yg sudah siap kemudian di masukkan pd sambal, aduk dan ulek sambal agar mangga tercampur dan agak meresap sambalnya. Tambahkan minyak goreng secukupnya aduk kembali hingga merata.
Bahan dan cara membuat sambal mangga yg begitu sederhana. Dengan itu anda akan mampu menyajikan sambal yg begitu istimewa ni dlm hitungan menit. Hal yg spesial di sini campuran ayam goreng yg menemani sambal mangga.
Ketika di makan akan terasa lebih berbeda dgn sambal biasanya. Kesegaran akan terasa dan rasa pedas yg begitu menggoda dilidah. Sambal mangga ni baiknya di makan dgn nasi putih yg masih hangat. Tentu dgn suasana seperti di tempat yg mendukung seperti sambil melihat pemandanga segar akan lebih cocok menikmati sambal mangga.
Selain itu sambal mangga akan mampu menyajikan dan saya rasa sayang sekali kalau ni di terlewatkan dari menu resep spesial anda tiap hari. Sedikit sharing kali ni semoga bisa menjadi inspirasi anda memasak dirumah dan lebih kaya akan resep-resep yg enak dan lezat hanya di dapurresepnusantara. Sebagai catatan anda bisa pilih mangga yg masih mengkal / muda.

Baca jg resep menarik lainnya yg akan membuat anda ngiler seperti..
(wingko babat dan resep tahu gejrot)

other source : http://instagram.com, http://dapurresepnusantara.blogspot.com, http://news.detik.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact