Tuesday 26 January 2016

Perkembangan Bayi 6 - 12 Bulan - Makanan

epssub.blogspot.com - Apa yg bisa dilakukan anak bayi 6 bulan? tingkah laku/ perkembangan / perilaku pd usia enam bulan sangat banyak bila dibandingkan dgn bayi umur 3 bulan. saat saat ni mereka sudah bisa duduk tegak, memiliki ocehan yg lebih banyak. Sudah bisa mengatakan ma..ma..ma.. / panggilan untk ibu dan pa pa pa... / panggilan untk ayah.

Anak bayi 6 bulan sudah mengenal semua anggota keluarga yg sering ada di dekat mereka. Jika dia biasa di titip di penitipan anak mereka sudah mengenal baby sitter dan anak-anak yg biasa di dekat mereka. Pada usia ni baiknya ibu mengajari anak hal hal berikut:

  1. Ajari anak untk terbiasa duduk tegak, jika pd saat ni anak belum bisa duduk tegak biasakan dia duduk di panggkuan ibu yg sedang duduk dgn posisi bayi menghadap ke depan.
  2. Biasakan bermain dengannya, minimal main ci luk ba. Dia akan senang dan tertawa jika kita ajak main ci luk ba.
  3. Ajarkan bayi memegang benda kecil menggunakan 2 jari, ni akan membantu mereka meningkatkan motorik dan fokus.
  4. Ajari memegang biskuit sendiri dan memakannya.
  5. Disaat umur 6 bulan ni bayi sudah bisa diajari berdiri dgn berpegangan, ibu jg sudah bisa mengajarinya berjalan dgn berpegangan.
  6. Usahakan untk menyempatkan diri berbicara dgn anak sesering mungkin.
  7. Latih mereka mengucapkan ma..ma..ma... pa...pa..pa.. jg panggilan untk anggota keluarga lainnya.
  8. Saat anak 6 bulan sudah aktif memukul-mukulkan tangan, jadi berilah mainan yg benar-benar aman untk dipukul-pukul seperti; bola karet, boneka, mobil-mobilan dari karet dan lain-lain.
Bayi umur 6 - 12 bulan sudah dpt diberi susu bantu dan makan nasi tim / bubur susu. Pada usia 7/8 bulan ajari anak makan nasi biasa. Biasanya anak umur 9 bulan sudah dpt menelan nasi yg tak dilumatkan, tapi sebaiknya jangan menjadikan nasi biasa ni sebagai asupan pokok bayi. ASI masih menjadi makanan utama.Teknik pemberian ASI jg masih seperti biasanya terutama di malam hari, biarkan saja si kecil menyusu semaunya.

Saat ni ada beberapa perlengkapan bayi yg mungkin dpt membantu dlm memberi makanan pendamping ASI, seperti:

  • Dot buah/ biskuit bayi, bahannya sama dgn do-dot susu hanya saja bentuknya berbeda. Bentuknya lebih besar dari do-dot susu dan memiliki banyak lobang. Buah dimasukkan secara utuh ke dlm alat.
  • Gendongan jinjing, mengajarka anak agar cepat berjalan. Berbahan kain yg nyaman dan harganya lebih murah dari baby walker.
  • Teether, berguna untk menstimulasi pertumbuhan gigi bayi. Bayak pilihan dan merek, pilih saja teether dari bahan karet padat (tidak ada air di dalamnya).
  • Saat si kecil memasuki usia 7 bulan gigi bawah akan mulai tumbuh. Belum dibutuhkan sikat gigi untk membersihkannya, cukup lap gigi bawah tersebut sesudah makan dgn menggunakan kain yg lembut. Setelah jumlah gigi lebih dari 4 buah kita bisa mulai mengajarkan anak untk sikat gigi, silahkan lihat contoh sikat gigi bayi.
  • Perawatan rambut jg sudah diperlukan, mungkin akan sulit memangkas rambut bayi di tukang pangkas. Untuk itu kami biasa menggunakan alat berupa sisir pangkas rambut untk memotong rambut bayi, contoh alat dan ulasannya bisa dilihat di sini.


Itulah beberapa perkembangan anak bayi 6 - 12 bulan yg dpt saya bagikan berdasarkan bacaan buku posyandu dan pengalaman sendiri. Jika ibu memiliki pengalaman berbeda dan ingin mendiskusikannya silahkan didiskusikan dgn menyampaikan pengalaman ibu melalui komentar.

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact