Tuesday 8 December 2015

Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia - Yahudi

epssub.blogspot.com - Begitu strategisnya kepulauan Indonesia sehingga banyak dari negara-negara lain mengunjungi negeri ni dgn tujuan untk berdagang. Tapi lama-kelamaan tak hanya untk berdagang. Banyak penduduk asing yg mulai menetap di negara ini. Selain itu, mereka jg menyebarkan ajaran agama salah satunya adlh agama Islam.

Islam masuk ke wilayah Indonesia pd abad ke-7 Masehi, dibawa oleh para pedagang Muslim yg berlayar dan singgah di negeri ini. Mereka adlh para pedagang Muslim asal Arab, Melayu, Persia serta India. Berawal dari sinilah sejarah perkembangan Islam di Indonesia dimulai.


Penyebaran Islam di Indonesia


Pada zaman dahulu, para pedagang menyebarkan Islam dgn berbagai cara tetapi tak ada unsur paksaan di dalamnya. Adapun penyebaran agama Islam di Indonesia adlh sebagai berikut.


1. Melalui Perdagangan


Islam masuk ke Indonesia melalui perdagangan yg dibawa oleh para pedagang Muslim yg telah lama melewati jalur pelayaran Indonesia. Selain mencari keuntungan duniawi, mereka jg mencari keuntungan rohani dgn berdakwah menyebarkan agama Islam di Indonesia.


Apalagi setelah adanya kerajaan Islam seperti kerajaan Malaka dan Samudera Pasai. Jalan untk menyebarkan agama Islam semakin mudah dan semakin luas karena para pedagang Arab bisa mendatangkan para ulamanya unuk berdakwah di negeri ini.


2. Budaya


Melalui budaya inilah Islam disebarkan. Pada zaman dahulu banyak warga yg menggunakan sarana-sarana kebudayaan tetapi yg bersifat menyesatkan dan tak sesuai dgn syariat Islam. Terkadang media ni dijadikan sebagai media penyembahan terhadap dewa-dewa.


Atas dasar dan inisiatif dari para wali Songo, media ni dijadikan sebagai alat menyebarkan agama Islam. Salah satunya melalui pertunjukan wayang kulit dan kesenian tradisional seperi jalungan, jamuran, ilir-ilir, dan cublak suweng.


3. Pendidikan


Cara menyebarkan Islam di Indonesia pd zaman dahulu adlh melalui pendidikan. Pada saat itu, penyebaran diawali dgn membangun pesantren. Pembangunan pesantren ni dianggap sebagai sarana yg efekif untk menyebarkan agama Islam.


Para da’i dan mubalig yg mengenyam pendidikan di pesantren akan dipersiapkan unuk berdakwah ke seluruh pelosok Nusantara. Strategi ni berhasil, misalnya tokoh alumni pesantren, Dauk Ribandang yg berhasil mengIslamkan kerajaan Gowa dan Tallo. Sampai sekarang pesantren terbukti sebagai sarana yg efektif untk penyebaran agama Islam.


4. Kekuasaan Politik


Banyaknya kerajaan Islam di Indonesia membuat penyebaran Islam mendapatkan dukungan dan perlindungan dari para sultan dan raja-raja di seluruh Nusantara. Dukungan tersebut mengalir dari sultan Demak, Raja Gowa Tallo, serta raja di kerajaan Samudra Pasai.


Tokoh Penyebaran Agama Islam


Awal mula penyebaran agama Islam dilakukan oleh para Wali Songo, antara lain adalah:

Sunan AmpelSunan BonangSunan MuriaSunan Gunung JatiSunan KalijagaSunan GiriSunan KudusSunan DrajatSunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Perkembangan Islam di Nusantara


Berkat para Wali Songo inilah Islam bisa tersebar di seluruh pelosok Indonesia, antara lain di daerah :


Sumatera


Islam berkembang di Sumatera ditandai dgn adanya kerajaan Islam pertama yaitu Kerajaan Samudera Pasai. Raja pertamanya adlh Sultan Malik Al-Saleh.


Jawa


Penyebaran agama Islam di pulau ni sangatlah berkembang pesat. Hal ni disebabkan para wali Songo mayoritas berasal dari Pulau Jawa. Penyebaran agama Islam di pulau ni sudah terjadi sejak abad ke-7 M oleh sahabat nabi yg bernama Muawiyah bin Abi Sufyan.


Sulawesi


Sejak pertama kali bangsa Portugis masuk ke daerah Sulawesi pd 1540 sudah banyak pemukiman Muslim di beberapa tempat. Sulawesi memiliki kerjaan Islam yg bernama Kerjaan Gowa dan Tallo. Adanya kerajaan ni menandakan Islam berkembang pesat di Sulawesi.


Kalimantan


Islam masuk ke daerah ni melalui tiga jalur, yg pertama melalui Malaka yg dikenal sebagai kerajaan Islam. Jalur kedua melalui para mubalig yg datang dari pulau Jawa. Jalur ketiga melalui mubalig asal Sulawesi yg bernama Datuk Ribandang yg merantau ke daerah ini.


Maluku


Maluku dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terbanyak. Hal inilah mengundang para pedagang Muslim untk mengunjungi daerah ini. Islam masuk ke Maluku pd pertengahan abad 15. Kerajaan Muslim terbesar di Maluku adlh Ternate dan Tidore.


View the original article here

other source : http://cnn.com, http://caramerawatbalita.blogspot.com, http://lintas.me

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact