Saturday 12 December 2015

Sakit Maag Atau GERD Bolehkah Berpuasa ? - EDISI SPESIAL

Sakit Maag Atau GERD Bolehkah Berpuasa ? epssub.blogspot.com - Bismillahirrahmanirrahiim...
Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,
Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yg setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yg mulia serta para pengikut Beliau yg setia sampai akhir jaman. Aamiin.
Pembaca Blog Yang Setia....
Insya Allah besok malam kita sudah mulai shalat tarawih. Tanda telah memasuki bulan Ramadhan. Bulan suci penuh rahmat yg selalu kita rindukan serta kita nanti-nantikan bersama. Alhamdulillah...kita akan bisa bertemu lagi dgn bulan Suci yg kita cintai.
Tentu teman-teman maag semua menantikan tulisan ni ya. Saya bukan ahlinya untk menjelaskan hal ini, karena saya bukanlah seorang dokter, tapi saya bisa memberikan kisi-kisi berdasarkan pengalaman saya dan menurut pengamatan selama ni dlm mengampu teman-teman sakit maag yg terdiri dari Sabang sampai ke Merauke.
Semua Umat Muslim yg telah dewasa dan sehat jasmani serta ruhaninya mempunyai kuwajiban berpuasa pd bulan Ramadhan sebulan penuh ( kecuali wanita yg sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhannya, lalu datang menstruasinya, maka ia wajib berbuka / membatalkan puasanya ).
Lalu jika kita sedang kena sakit maag / gerd, bolehkah berpuasa ?
Meskipun puasa Ramadhan itu adlh wajib hukumnya, tapi bagi yg sedang sakit dan benar-benar tak bisa menjalankan puasa, boleh tak berpuasa. Tapi pd waktu sudah sehat kembali, wajib menggantinya dgn menjalani puasa, pd hari-hari diluar bulan Ramdhan.
Sakit maag yg diakibatkan oleh berbagai penyebab sehingga lambungnya luka, sering sakit di uluhatinya, sebentar-sebentar merasa lapar walaupun baru saja makan, tubuhnya lemah, makan sakit dan tak makan sakit, makannya masih bubur, belum tahan makan nasi lembek. Pada penderita dgn kondisi seperti ini, maka sebaiknya jangan untk puasa dulu. Karena jika dipaksakan untk puasa, biasanya tak kuat sampai saatnya berbuka, dan akan bertambah sakitnya.
Sakit maag, yg sudah sangat terganggu untk beraktifitas, untk berjalan sakit, duduk sakit, tiduran sakit, untk berjalan walau beberapa langkah saja sakit, maka biasanya jg belum kuat untk berpuasa, jadi janganlah untk berpuasa dahulu.
Sakit maag kambuhan, yg hanya terasa sakit jika salah makan, banyak pikiran, terlalu kelelahan, dan makan nasi biasa sudah bisa, maka sebaiknya berpuasa. Jangan jadikan sakit maagnya sebagai alasan untk tak berpuasa. Karena berpuasa, bagi umat Islam adlh wajib hukumnya. Puasa adlh untk kepentingan diri sendiri, bukan untk kepentingan orang lain.
Jadi sangat merugi bagi kita yg walaupun sakit maag, tapi semestinya bisa berpuasa, akan tetapi tak berpuasa hanya karena alasan sakit maag. Kita memang bisa saja menggantinya pd bulan yg lain, tapi sangatlah merugi, jika memudah-mudahkan tak menjalani puasa pd bulan Ramadhan.
Bulan suci Ramadhan adlh kesempatan emas untk kita interospeksi diri, menggapai ampunan dosa serta Rahmat Allah SWT. Karena pd bulan Ramadhan, oleh Allah SWT. dibuka pintu ampunan yg seluas-luasnya, pintu Rahmat yg selebar-lebarnya serta kebebasan dari api neraka ? Siapa yg tak menginginkannya ? Tentu semua Umat Islam merindukan ketiga hal tersebut diatas.
Dan lagi pd bulan suci Ramadhan semua ibadah dilipat-gandakan pahalanya oleh Allah SWT dari ibadah-ibadah yg dilakukan selain dari bulan Ramadhan. Dan pd bulan suci Ramdahan terdapat satu malam dimana jika kita beribadah pd malam tersebut, maka pahalanya menyamai dgn pahala beribadah seribu bulan ? ialah Malam Lailatul Qodar. Subhanallah.
Maka pergunakan bulan suci Ramadhan untk melaksanakan ibadah dgn sebaik-baik ibadah seorang hamba.
Bagi sakit maag yg jg ada gerdnya, dimana meskipun gerd tapi tak begitu ada keluhan pd lambungnya, maka silahkan untk berpuasa saja. Gerd jenis ini, insya Allah justru sangat baik untk berpuasa, apalagi puasa Ramadhan insya Allah akan mempercepat kesembuhan maag dan gerdnya.
Ada kok gerd jenis ini, yg merasakan keluhan hanya diseputar dadanya panas, usus panas, tenggorokan kering dan kepala kliyengan. Makan tetap nasi biasa, tak cepat lapar, makan apa saja lambung tak menjadi sakit. Ia merasakan keluhan gerd ketika makan yg goreng-gorengan dan berpikir agak keras / tegang, maka leher akan terasa sakit dan kering, kepala kliyengan bukan main, terkadang kepala muter persis vertigo. Gerd jenis ni insya Allah akan tahan untk puasa hingga saatnya berbuka disore harinya. Gerd jenis ini, jika berpuasa sebaiknya tetap menghindari lemak, minyak dan lauk yg digoreng.
Tapi ada jg gerd yg cepat lapar, uluhati jg sakit jika lambung kosong, dada sering berdebar, usus panas, tenggorokan kering, sering sariawan, maka sebaiknya jangan berpuasa dulu karena maag dan gerd jenis ni hampir dpt dipastikan pd lambungnya ada lukanya. Maag dan gerd jenis ni biasanya, jika lapar maka lambung / uluhatinya akan terasa perih dan sakit. Tidak tahan lapar dan biasanya belum tahan makan nasi biasa, maka makannya masih nasi lembek / nasi tim.
Apapun kondisi maag dan gerd kalian, sejauh masih bisa beraktifitas, makannya sudah berani makan nasi biasa, maka lambung tak bermasalah, maka cobalah untk berpuasa. Tetap harus dicoba semaksimal mungkin untk bisa berpuasa. Tapi jika sudah dicoba berpuasa tetap tak kuat juga, lambung terasa sangat kesakitan, maka sebaiknya puasanya segera dihentikan dan tak usah berpuasa dulu.
Jika tak kuat, maka kita tetap berbuka puasa dgn doa buka puasa, jangan berbuka tanpa adab, / tak menggunakan unggah-ungguhnya orang puasa, meskipun berbukanya sebelum adzan maghrib berkumandang. Puasa Ramadhan adlh puasa yg sangat sakral penuh makna, maka hargailah puasa Ramadhan.
Jika kita sedang tak bisa menjalani puasa Ramadhan karena sakit kita, maka ketika kita hendak makan dan minum, hendaklah jangan didepan orang yg sedang berpuasa. Hormatilah orang yg sedang menjalani puasa.
Ada jg maag kronis serta gerd yg kambuhnya selalu habis maghrib, sepanjang hari biasa saja, tak ada masalah yg berarti. Baik keluhan uluhati maupun keluhan pd kepala. Maka sebaiknya berusaha untk puasa. Untuk gerd jenis ini, insya Allah puasa Ramadhan akan menjadi jalan bagi kesembuhan kalian.
Meskipun nanti pd sehabis maghrib selalu kambuh gerdnya dan shalat maghribnya agak terlambat, tak mengapa, daripada tak puasa dan tak shalat maghrib. Separah apapun sakit kita, usahakan jangan sampai kita meninggalkan shalat kita. Karena yg akan dihizab yg pertama kali di akherat nanti adlh shalat kita. Sebagus apapun amal kita didunia, jika shalat kita buruk, maka akan buruklah nilai amal kebaikan kita yg pernah kita kerjakan dulu di dunia.
Jadi selalu jagalah shalat kita. Dari mulai dari wudhlu yg benar, niat yg lurus, shalat yg khusuk, dan pd awal waktu. Jika kita bisa sholat pd awal waktu, mengapa kita sholat ntarlu...ntarlu...entar dulu-entar dulu ? Menunggu apa ?
Menurut saya, shalat adlh sesuatu yang paling berharga dlm hidup. Bukan kehidupan itu sendiri yg sangat berharga. Untuk apa hidup jika tak shalat ? Karena shalat adlh saat yg diberikan oleh Allah SWT.untuk manusia boleh mengadakan perjumpaan denganNya. Allah yg berdimensi Maha Tinggi, Maha Suci dan Maha Segalanya, telah berkenan memberikan waktu khususNya kepada manusia untk menghadap kepadaNya minimal lima kali dlm sehari.
Bukan hanya lima kali dlm sehari. Kapan saja manusia menghendaki perjumpaan denganNya, adlh dlm waktu-waktu sholat yg diijinkanNya (sebab ada waktu-waktu yg haram untk mendirikan shalat). Bukankah Allah Maha Pemurah, Pengasih dan Penyayang ? Sehabis waktu sholat kita bisa mengadukan segala problematika hidup kita dgn sepuasnya tanpa ada seorangpun yg tahu.
Inilah curhat yang paling menyelamatkan dgn solusi yg sangat pasti ! Soal cepat tidaknya datangnya solusi atas permasalahan yg kita hadapi, tergantung Allah sendiri. Karena Allah Maha tahu. Lebih tahu daripada kita sendiri yg mempunyai problem. Hanya manusia yg tak mengertilah, yang tak sabar menanti terjawabnya sebuah doa. Padahal Allah PASTI akan mengabulkannya, pd waktu yg Allah anggap tepat, dan dlm bentuk yg Allah anggap tepat pula bagi yg bersangkutan. Oleh karena itu jangan meremehkan shalat dan doa !
Jika shalat merupakan kemurahan Allah kepada manusia untk mendekat kepadaNya, maka demikian jg bulan suci Ramadhan. Bulan yg diberikan sebagai Hadiah Besar kepada Umat Muslim yg mau taat menjalaninya. Semakin taat kita menjalaninya, semakin bagus serta penuh harap kita melakukannya, serta penuh keikhlasan semata hanya karena Allah, maka akan semakin bernilai pula sesuatu yg akan kita peroleh dibulan suci Ramadhan.
Berlomba-lombalah untk menggapai Rahmat, Ampunan serta Karunia Allah pd bulan suci ini, dgn sebaik-baiknya. Pergunakan tiap detik hidup dan kehidupan kita benar-benar untk niat ibadah, semoga amal ibadah kita pd bulan suci Ramadhan ni diterima oleh Allah SWT. Amiin Ya Rabbal’Alamiin.
Puasa Ramadhan bukan sekedar menahan dari haus dan lapar, tapi lebih dari itu. Menahan diri dari semua nafsu maksiat yg selalu menjerumuskan diri kita kepada kerugian dan kehancuran. Tapi kita sering tak menyadarinya, ketika mendzalimi diri sendiri.
  • Enak ketika kita bisa marah dan membentak-bentak kepada orang lain, tapi apakah kita sadar bahwa apa yg kita lakukan cepat / lambat bakal kembali kepada diri sendiri ? bisa dlm bentuk sakit penyakit / datangnya kesialan-kesialan dimasa yg akan datang ?
  • Enak ketikakita memperlakukan seorang pembantu dgn semau gue karena kita merasa telah membayarnya dgn gaji besar. Tapi kita lupa bahwa iapun manusia yg terbatas tenaga dan kemampuannya. Iapun punya rasa yg jika dibentak-bentak akan merasa sedih dan meratapi nasib buruknya. Ia jg punya lelah seperti kita. Hal-hal kecil seperti inilah yg lalai dari perhatian kita sehingga akan menimbulkan akibat yg tak pernah kita perhitungkan di kemudian hari. Terjadinya penculikan anak-anak, terjadinya perampokan, terjadinya kecelakaan yg setelah diusut oleh polisi bersumber dari rasa sakit hati seorang pembantu rumah tangga atas perlakuan kita kepadanya.
  • Enak ketika kita melakukan zinaatau selingkuh, sepertinya tak bakal ketahuan oleh orang lain / oleh suami / isteri kita. Kita lupa, bahwa kita mempunyai anak perempuan, yg barangkali saja akan mempunyai suami yg tukang berzina seperti kita, sehingga hidupnya akan menderita karena punya suami yg tukang selingkuh seperti kita bapaknya. Ahai...pernahkah terlintas dlm benak kita wahai para bapak yg masih sering suka selingkuh ? Atau para ibu yg suka bersenang-senang dgn laki-laki lain yg bukan muhrimnya, tanpa memperhitungkan akibatnya, tanpa takut sama sekali kepada Allah SWT, sementara anak dan suami menunggu dirumah dgn penuh kesetiaan dan kepercayaan kepada kita ? Naudzubillahimindzaliik.
  • Enak ketika kita mengkorup uang rakyat karena kita bisa menambah kekayaan kita hingga berlimpah. Tapi pernahkah terlintas dlm benak kita, bahwa itu adlh harta haram yg akan menjadi darah daging yg buruk bagi keluarga kita. Harta haram itu jika kita makan akan mengotori aliran darah kita, dan menumbuhkan sifat-sifat hitam dlm diri kita. Sadarkah kita akan hal ni ?
  • Sifat hitam itu bisa berbentuk dlm berbagai macam ujud. Bisa berbentuk keserakahan, bisa berupa kejahatan, bisa berupa nafsu amarah, berupa nafsu dzalim, nafsu menguasai milik orang lain, tak mengenal rasa bersyukur, berupa kebodohan, berupa sifat membangkang, tak berbakti kepada orang tua, sulit untk mengaji dan shalat, sifat malas, jauh dari sifat rajin, dan berbagai sifat-sifat hitam yg lain. Jadi berhati-hatilah dgn harta haram yg kalian berikan kepada keluarga kalian.
  • Kalian hanya marah-marah jika isteri kalian tak taat kepada kalian, tak mau menuruti nasehat kalian. Kalian hanya emosi jika anak-anak kalian bengal, ngeyel dan sulit dinasehati, bahkan berani kepada orang tua. Bahkan anak kalian selalu menimbulkan masalah diluar rumah, yg mabuklah, yg ikutan judilah, yg ngebut dijalananlah.
  • Kalian hanya geram ketika anak kalian bodoh dan sama sekali tak berprestasi disekolah, padahal kalian sudah mencukupi semua keperluannya bahkan memanjakannya dgn uang yg berlebih kepada anak kalian. Tapi apa yg kalian harapkan dari anak kalian, justru kebalikannya yg kalian dapatkan. Anak kalian tukang bolos, sering menimbulkan masalah di sekolah sehingga sering kena skorsing sekolah dan kalian sering dipanggil oleh guru karena ulah anak kalian di sekolah.
  • Kepala kalian rasanya mau pecah, memikirkan kelakuan anak kalian yg bengal, ketika tiba-tiba kalian sedang meeting dikantor dipanggil oleh polisi karena anak kalian terlibat tawuran antar sekolah. Nah semua itu siapakah yg salah ? Kalian sama sekali tak menyadari bahwa semua itu diakibatkan oleh perbuatan kalian sendiri. Memberi nafkah keluarga dgn harta haram yang kalian korupsi !
Nah bulan Ramadahan ni adlh kesempatan yg sangat baik untk merenung, untk interospeksi, untk mohon ampunan dan memperbaiki diri, pumpung pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya bagi kita Umat Muslim. Bukan hanya pintu ampunan yg dibuka selebar-lebarnya oleh Allah SWT, tapi jg pintu Rahmat serta pintu penghapusan dari azab neraka.
Kali ni saya bukan hanya sekedar memberikan kisi-kisi siapa penderita maag dan gerd yg boleh puasa dan tak boleh puasa. Tapi berpuasalah kita bukan untuk mendapatkan lapar dan haus saja, tapi agar puasa kita menjadi puasa yg ber-esensi. Puasa yg bermakna, yg bisa mendapatkan semua apa yg dijanjikan oleh Allah SWT, adlh Rahmat, ampunan dosa serta kebebasan dari api neraka.
Tanpa introspeksi diri teramat sulitlah kita akan menyadari semua dosa serta kesalahan kita, dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Mudah-mudahan kita belum terlambat untk bertaubat, taubatan yg nasuha. Yang tak akan diingat-ingat kembali dan tak melakukannya lagi.
"Selamat Menjalankan ibadah Puasa Ramadhan, semoga Ibadah kita Diterima oleh Allah SWT."
Pada kesempatan ini, saya dan keluarga, mohon maaf atas segala khilaf dan kesalahan saya yg manapun, lahir maupun batin. Semoga kita kaum Muslimin dan Muslimat dpt menjalankan ibadah Puasa Ramadhan dgn khidmat. Amiin Ya Rabbal Alamiin.
Bagi yg belum bisa menjalankan puasa, bersabarlah. Istikhomahlah dlm beribadah dan berbuat kebaikan. Raihlah apa yg mampu kalian raih di bulan Suci Ramadhan ni dgn ikhlas dan penuh ketulusan. Insya Allah ibadah serta kebaikan kita yg ikhlas kita lakukan semata karena Allah di Bulan Suci Ramadhan, akan mendapat balasan di Sisi Allah SWT. Yang Maha Membalas Setiap Kebaikan. Amiin.
Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Salam Penulis, Niniek SS

other source : http://stackoverflow.com, http://lintas.me, http://solusi-sakit-maag.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

All content at Blog Eps was found freely distributed on the internet and is presented for informational purposes only.
Images / photos / videos found in this site reserved by its respective owners.
We does not upload or host any files.
Home | DMCA | Contact